Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain)

  • Rizky Iqbal Prasetyo STKIP Modern Ngawi
  • Nur Hidayat STKIP Modern Ngawi
  • Arifian Dimas STKIP Modern Ngawi
Keywords: studi literature, model pembelajaran POE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa peneliti mengenai penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain). Metode penelitian yang digunakan meta analisis yang dibagi menjadi beberapa poin kajian diantaranya berdasarkan tujuan penelitian, desain penelitian, dan subjek atau sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Human Instrument. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dari jurnal nasional dan internasional sebanyak 20 jurnal. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan tujuan penelitian, Menguji penerapan / pengaruh sebanyak 80%, Mengembangkan / meningkatkan pembelajaran sebanyak 15%, Mendiskripsikan sebanyak 5%, dan mengetahui hubungan sebanyak 0%. Pada desain penelitian, eksperimen sebanyak 80%, PTK 10%, dan RnD 10%. Pada Subjek penelitian, SD 10%, SMP 40%, SMA 45%, dan mahasiswa 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran POE merupakan model pembelajaran yang banyak digunakan untuk diuji baik dari penerapan maupun pengaruhnya terhadap pembelajaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran.

References

Atriyanti, Yuli & Hadisaputro, Subiyanto.2015. Penerapan Model Pembelajaran Poe Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Dasar Siswa. Chemistry in education. 4(1).62-66
Dimas, A., Sarwanto., and Suparmi (2017). Effectiveness of Pore-Based Electronic Module to Improve Multiple Representation Ability of Students. The 1st International Conference on Science, Mathematics, Environment, and Education (ICoSMEE). Surakarta: Faculty of Teacher and education, Sebelas Maret University.
Fitriani, Yuli.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Prediction, Observation, And Explanation (Poe) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016.
Indriana1, Vida. & Arsyad,Nurdin. & Mulbar, Usman. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Ipa-1 Sman 22 Makassar. 3(1).51-61
Kusumaningtyas, Ayu Endarti. Suhadi Ibnu, Fariati.2017. Dampak Bahan Ajar Dengan Strategi Poe Pada Kesalahan Konsep Ikatan Kimia Mahasiswa Semester I Jurusan Kimia. Jurnal Pendidikan .2(3).322-324
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, Gilang Ajeng. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Poe (Prediction, Observation, Explanation) Berbasis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di Smp
Puspitasari, Rini., Albertus Djoko Lesmono, Trapsilo Prihandono. “Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Prediction,Observation and Explanation) Disertai Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Kerja ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika di SMP.” Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 4 No. 3 (2011). http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2639
Rosdianto, Haris., Eka Murdani., Hendra. (2017). Implementasi Modul Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Paa Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, Hal. 55-59.
Shofiah Ria. Inayatush., Bektiarso Singgih., & Supriadi Bambang. (2017). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA dan Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol 6 (4).
Surahmadi, Bambang.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp N 1 Temanggung.66-69
Syamsiana, Frisca. Suyatno. & Taufikurohmah, Titik.2018. The Effectiveness of Using Poe (Predict-Observe-Explain) Strategy On Students’ Learning Result of Reaction Rate Chapter in Sma.Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. 7(2).1507-1512
Ulfah, Qurnia Ni’matul. Asim. Parno. Penerapan Model Pembelajaran Poe (Predict Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-Mia 4 Sma N 6 Malang Dalam Materi Fisika Kalor
Wah Liew, C. & Treagust, D. 2004. The effectiveness predict-observe-explain (POE) technique in diagnosing students understanding of science and identifying their level of achievement. Tersedia pada http://www.curtin.edu.autheses /vailable/adt/WCU20050228.145638/unre stricted/01Front.pdf.
White, Richard and Richard Gunston. 1992. Probing Understanding. London UK: The Falmers Press.
Yulianti, Siti Hartini. Juanengsih, Nengsih & Mardiati, Yuke.2015, Poe Learning Model: The Effect On Student Science Process Skills On the Coordination System Concept. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. 8(7).2018
Zulaeha, I Wayan Darmadi Dan Komang Werdhiana, Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Balaesang.2(2)
Published
2019-12-21
How to Cite
Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019). Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 704-710. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/81
Section
ARTIKEL PROSIDING