Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis TIK dalam Pembelajaran PPKn Bagi Siswa SMP Negeri 1 Boyolali tahun Pelajaran 2019-2020

  • Suyahman Suyahman Universitas Bantara Sukoharjo
Keywords: Pendidikan karakter berbasis TIK dan pembelajaran PPKn, ICT-based character education and PPKn learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis TIK dalam Pembelajaran PPKn Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya Guru PPKn dan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolali dan objek penelitiannya adalah Pendidikan karakter berbasis TIK dan pembelajaran PPKn. Metode pengumpulan datanya : observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian: berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan dari tanggal 2-7 september 2019  ditemukan: hal-hal sebagai berikut: Implementasi pendidikan karakter berbasis TIK dalam pembelajaran PPKn bagi siswa kelas VII di SMP negeri 1 Boyolali dilaksanakan dengan cara : pada saat mengajar guru mengintruksikan pada semua siswa untuk mengaktifkan HP nya dan membuka situs google, selanjutnya guru mengintruksikan supaya setiap siswa mencari contoh contoh sikap perilaku dan perbuatan yang mencerminkan nilai karakter sila pertama sampai dengan sila ke lima, kemudian guru membentuk kelompok kecil tiap kelompok beranggotakan 5 siswa untuk mensimulasikan, mendramatisasikan ataupun bermain peran tentang sikap, prilaku dan perbuatan yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai karakter sila pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima. Setelah kegiatan selesai guru mlakukan refleksi dan sekaligus memberikan rangkuman materi pembelajaran.  Dari hasil pengamatan diperoleh informasi terjadinya pembelajaran yang interaktif berbasis TIK, siswa lebuh bersemangat, siswa dapat menemukan contoh sikap, perilaku dan prbuatan yang mencerminkan nilai karakter sila pertama sampai dengan sila kempat dengan sangat variatif, pembelajaran menarik, terjadinya perubahan karakter siswa. Simpulannya implementasi pendidikan karakter berbasis TIK dalam pembelajaran PPKn bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun Pelajaran 2019-2020 memiliki dampak yang positif dalam mewujudkan pendidikan karakter.

References

Akbar, Ali Ibrahim. 203. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Modern. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Andrianto, Tuhana Taufiq. 2011.Mengembangkan Karakter Sukses Anak Di Era Cyber Jogjakarta : AR Ruzz Media.
Direktorat PSMP. 2010. Grand Design Pendidikan Karakter. Dirjen ManajemenPendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Depdiknas.
Direktorat PSMP. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Meneng Pertama. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar danMenengah, Jakarta; Depdiknas.
Direktorat PSMP. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Depdiknas.
Eko Harianto, S.Sos.I. dalam http://suara-muhammadiyah.com/2015/?p=1039. Diunduh, pada tanggal 14 September 2016 e-Library
Farida, Meutia. (tanpa tahun.) Kebudayaan Nasional Indonesia:Penataan Pola Pikir. Dalam Google.com. Diunduh, pada tanggal 14 September 2016
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradapan Bangsa.Surakarta : Yuma Pustaka/.
Hornby dan Parnwell. 1972. Learner’s Dictionary. Kuala Lumpur: Oxford University Press.
Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.
Kertajaya, Hermawan. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kesuma, Dharma. Dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta ; PT. Bumi Aksara.
Martianto, Hastuti. 2002. Pendidikan karakter: Paradigma baru dalam pembentukan manusia berkualitas. Bogor: IPB.
Nasution, Muslimin. 2008. Pendidikan Kurikulum berbasis Budaya lokal. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
PP No 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Renstra Direktorat Pembinaan SMP Tahun 2010 – 2014
Ratna Megawangi. 2010. Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter di PAUD. Makalah disajikan dalam seminar tentang PAUD. Bogor.
Suwarsih Madya. 2011. Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Mutu Hakiki Pendidikan. Makalah, Seminar Nasional, Milad UAD XXX.
Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu Iptek dan Imtak.. CiputatQuantum Teaching.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,
Sofyatiningrum. 2009. Kurikulum Berciri Keagamaan. (Makalah). Dalam Prosiding Pertemuan Dan Presentase Ilmiah Hasil penelitian Bidang Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Sukandi, Ujang. 2010. Belajar Aktif. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bahan ajar mata kuliah Media Pembelajaran PAI Berbasis IT) oleh Naufal Ahmad R. A.
UUD 1945 (amandemen) Pasal 31 ayat (3)
UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yoga Hanggara “Kurikulum dan Metoda pembelajaran di Indonesia” dalamhttp://yohang.web.id/kurikulum-dan-metode-pembelajaran-pendidikan-di-indonesia.html. Diunduh pada tanggal 14 September 2016.
Yusuf, Jamil. 2009. Reorientasi Pengembangan Profesionalitas Guru di Pidie Jaya. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry.
Published
2019-12-21
How to Cite
Suyahman, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis TIK dalam Pembelajaran PPKn Bagi Siswa SMP Negeri 1 Boyolali tahun Pelajaran 2019-2020. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 689-703. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/80
Section
ARTIKEL PROSIDING