“Wayang Gandrung” Sebuah Tradisi Seni Dalam Pembelajaran Matematika Masa Kini

  • Feny Rita Fiantika Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: wayang gandrung, budaya lokal, indikator pencapaian kompetensi (IPK)

Abstract

Wayang Gandrung” atau yang sering disebut dengan “Wayang Mbah Gandrung” adalah sejenis wayang merupakan sejenis wayang klitik yang berasal dari daerah Pagung Kediri Jawa Timur. Wayang tersebut dikenal syarat dengan mistis mulai dari  yang banyak menyimpan cerita dan menjadi salah satu budaya bagi masyarakat Kediri. Sementara itu, perkembangan teknologi dan informasi yang mulai menggeser budaya lokal menjadi masalah baru sebagai awal kepunahan budaya lokal. Upaya pelestarian budaya lokalpun banyak diupayakan salah satunya oleh peneliti dibidang pendidikan. Penelitian ini menghasilkan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang dikembangkan melalui budaya seni “Wayang Gandrung” berdasarkan pada kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran SD sesuai K-13.

References

Fiantika, F. R, Budayasa, I.K, dan Lukito, A. 2018. “Internal Process: What is Abstraction and Distortion Process?,” J. Phys. Ser., vol. 983.
Gray, E & Tall, D. 2007. Abstraction as Natural Process of Mental Compression. Mathematics Education Research Journal. Vol. 19, No. 2, 23-24.
NRC (National Research Council). 2010. Learning To Think Spatially. Washington, D.C.: The National Academies Press (U.S.).
Matthew, O. W, Grinstein, G., & Keim, D. 2015.“Human Perception and Information Processing,” Interact. Data Vis. Found. Tech. Appl., pp. 93–95.
Prakoso, D, R. & Baihaqi, A. 2010. Wayang Mbah Gandrung. Kediri: CV. Brumbung Sentra Karya Grup.
Ratumanan, T. G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk.1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Tversky. B. 2014. “On Abstraction and Ambiguity,” Stud. Vis. Spat. Reason. Des. Creat., pp. 215–223.
Published
2019-10-28
How to Cite
Fiantika, F. R. (2019). “Wayang Gandrung” Sebuah Tradisi Seni Dalam Pembelajaran Matematika Masa Kini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 59-68. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/8
Section
MATERI INVITE SPEAKER