Gamelan Jawa: Sebuah Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya

  • Elgie Firdyan Eka Zhoga Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: etnomatematika, gamelan jawa, media pembelajaran

Abstract

Di perkembangan zaman saaat ini kebudayaan semakin dilupakan oleh masyarakat. Penyebabnya adalah kurangnya keterkaitan pemahaman dan penerapan nilai budaya dengan masyarakat. Hal ini perlu adanya keterkaitan antara budaya dengan proses pembelajaran. Etnomatematika menjadi salah satu jembatan yang mengaitkan antara pembelajaran matematika dengan kebudayaan. Dengan ini konsep matematika yang terbilang abstrak bisa dimengerti oleh siswa melalui benda-benda kongkret. Salah satunya yaitu kebudayaan yang ada di Jawa yaitu gamelan. Umumya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar guru hanya menerangkan materi sehingga siswa terkadang bosan. Di sini peneliti mempunyai tujuan mendeskripsikan Gamelan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan gamelan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat unsur matematika yaitu lingkaran, bangun ruang dan bangun datar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Diperoleh kesimpulan adanya keterkaitan antara alat musik gamelan terhadap pembelajaran matematika terutama pada materi ling¬karan dan bangun ruang yaitu Gamelan Jawa. Yang memiliki bagian yang ber¬bentuk lingkaran dan juga bangun ruang sehingga dapat digunakan untuk mempelajari unsur - unsur lingkaran dan bangun ruang.

References

D’Ambrosio, U. Etnomathematics Link between Traditions and Modernity. The Netherlands: P.O. Box 21858. 3001 AW Rotterdam, 2006.
Hardiarti, Sylviyani. "ETNOMATEMATIKA: APLIKASI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA CANDI MUARO JAMBI." Aksioma, November 2017: 99-110.
Iswantoro, Gatot. "KESENIAN MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA SEBAGAI KEKAYAAN BUDAYA BANGSA INDONESIA ." Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2017: 129-143.
Kemendikbud. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2013/2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2014.
Sardjiyo dan Pannen, P. "Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi." Jurnal pendidikan, 2005: 83-97.
Published
2019-12-21
How to Cite
Zhoga , E. F. E. (2019). Gamelan Jawa: Sebuah Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 675-688. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/79
Section
ARTIKEL PROSIDING