Inovasi Pembelajaran Responsif Gender di Sekolah Dasar (Studi Kasus SDN 03 Cijantung)

  • Eka Nana Susanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Suswandari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Khoerul Umam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: inovasi pembelajaran, responsive gender

Abstract

Responsif gender dalam proses pembelajaran merupakan salah satu hal penting dalam pembentukan karakter siswa dalam menerima pembelajaran. Inovasi dalam proses pembelajaran yang responsive gender dapat membawa suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dan kreatif. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang (1) apakah guru Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi telah menggunakan pembelajaran responsif gender sebagai salah satu inovasinya; (2) bagaimanakah pelaksanaan inovasi pembelajaran responsif gender di Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cijantung 03 Pagi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan (guru kelas, kepala sekolah, kepala Tata Usaha), dokumen (Silabus, RPP), tempat dan peristiwa (ruang kelas, perpustakaan, proses pembelajaran). Validitas data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis yang digunakan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) guru Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi telah menggunakan pembelajaraan responsif gender; (2) Dengan adanya pembelajaran responsif gender, siswa memperoleh kewajiban dan hak yang sama dalam mengakses fasilitas dan berperan dalam proses pembelajaran. Suasana pembelajaran dan lingkungan sekolah yang responsif gender mendukung terjadinya kerjasama yang baik antara siswa, guru, kepala sekolah, dan petugas di lingkungan sekolah

References

Agger , Ben. 2005. “Ctitical Social Theoritis : An Introduction”. Alih Bahasa : Nurhadi. Teori Sosial Kritis : Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Data UNICEF dalam http://www.sampoernafoundation.org/?q=id/news/fakta-mengenai-wanita-pendidikan. 2013.
Kasyian. 2009. ‘Perempuan dan Iklan : Sebuah catatan Tentang Patologi Ideologi Gender di Era Kapital:. http:// Puslit. Petra.ac.id
Lindsey, Linda.1900. gender Roles : a sosiological Perspective. New Jersey : Prentice Hall.
Suswandari. 2009. Analisis Bias Gender Dalam Buku Ajar Tingkat SMA/MAN Kelas XI di DKI Jakarta dan Banten.
Suswandari. 2005. Educatio Indonediae : Difusi dan Inovasi Pendidikan Berperspektif Gender.
Wiyatmi. 2008. Menggagas Pembelajaran Sastra Berprespektif Gender”, Makalah Konferensi Kesusastraan Internasional XIX 12-14 Agustus. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
W.S. Winkel. 1991. Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo. Hal 12.
Published
2019-12-21
How to Cite
Susanti, E. N., Suswandari, S., & Umam, K. (2019). Inovasi Pembelajaran Responsif Gender di Sekolah Dasar (Studi Kasus SDN 03 Cijantung). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 662-667. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/77
Section
ARTIKEL PROSIDING