Pengembangan Media Interaktif “Tema Binatang” Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Kecamatan Grogol Kabupaten kediri

  • Dwi Suprihatin TK Dharma Wanita
Keywords: Media Interaktif Tema Binatang, Mengembangkan Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kelayakan dan keefektifan media interaktif dalam mengembangkan bahasa  anak kelompok B di TK Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Model penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D). Model  desain R&D yang dipakai adalah education research and development mengingat yang akan dikembangkan adalah komponen desain intruksional. Menyikapi pendekatan yang ada, dipilih model  R&D dengan pendekatan. Pendekatan  yang dijadikan acuan adalah pendekatan  yang disusun secara kolaboratif  Dick, Carey dan  Carey. Desain intruksional  menggunakan model desain Dick and Carey. Buku yang jadi acuan adalah The Systematic Desain of Instruction terbitan 2015 edisi kedelapan. Pendekatan sistem yang dikembangkan oleh Dick dan Carey (2015:2) terdiri atas 10 langkah: 1. Identifying Intrucsional Goals 2.Conducting intrucsional Analysis 3. Analysis Learners and Contexts 4. Write Performance Objecrive 5. Develop Assesment Instrumen 6.Develop Instrucsional Strategy 7. Develop And Select Intrucsional Materials 8. Design And Conduct Formative Evaluation Of Intruction 9. Revisi Instruction 10.Design And Conduct Summative Evaluastion. Berdasarkan uji  kelayakan media interaktif “tema binatang” melalui uji validasi ahli (ahli media dan ahli instumen), uji coba perorangan, uji kelompok kecil. Sedangkan  uji keefektifan media interaktif “tema binatang” membandingkan nilai hasil pretest  dan posttest dengan uji t Paired Samples Statistics menunjukkan bahwa pretest dan posttest mengalami perubahan dalam skor rata-rata. Pretest memperoleh rata-rata (mean) 9.03%. Sedangkan rata-rata (mean) pada posttest diperoleh 16.50%. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan perkembangan bahasa pada nilai rata-rata (mean) yaitu pada sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif “tema binatang” (posttest).

References

Aisyah, Siti. (2007). Perkembangan dan konsep dasar perkembangan anak usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. (2010). Pembelajaran multimedia di sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya Jakarta
Amin, Syeh. (2013). An efective use of ict for education and learning by drawing om world knowledge. reseach and experience .
Arikunto, S. (1998). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. (edisi revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Ariyanti, T. (2014). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini .
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Burnett. (2010). Technology and literacy in early childhood educational settings: a review of research. Journal of early childhood literacy .
Chang, Mei-Mei., & Lehman, J. D. (2012). Learning foreign language through an interactive multimedia program: an experimental study on the effects of the relevance component of the ARCS model.
Christy, O.(2014). Professional development of early childhood and language education teachers for sustainable development. (O. Afoma R, Ed.) Journal of Research & Method in Education .
Derektorat Pembinaan TK dan SD . 2010. Kumpulan pedoman pembelajaran taman kanak-kanak . Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dhieni, N. (2007). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The sistematic design of intrucsional. Florida: Library Of Congress Cataloging.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). Kurikulum pendidikan anak usia dini, apa, mengapa, dan bagaimana. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). Pedoman penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fred, Rogers. (2012). Technology and interactive media as tools in early childhood programs serving children from birth through age 8.
Fathurrohman, M. (2012). Penggunaan mutimedia dalam proses pembelajaran.
Gunawan, Imam. (2016). Pengantar Sratistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunduz, N. (2005). Computer assisted language learning. journal of language and linguistic studies .
Gustafson, Branch, K. L., & Maribe, R. (2002). Survey of intrucsional development models. Washington.
Hurlock, E. B. (1980). Psikolog perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Hartati, Sofia.(2005). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Depdiknas.
Jannah, Miftakhul. (2016). Psikolog eksperimen. Surabaya. Unesa University Press
Kim, D., & Gilman, D. A. (2008). Effects of text, audio, and graphic aids in multimedia instruction for vocabulary learning.
Kartini Kartono. (1990). Psikologi perkembangan anak, Bandung : CV. Mandar
Lotfi, A. R., & Joybar, B. (2015). Theoretical frameworks of language development "a library research".
Malik & Agawal, A. (2012). The use of multimedia as a new educational technology tool-a study.
Mustaji. (2013). Media pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Morisson, George S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks
Nomass, B. (2013). The impact of using technology in teaching english as a second language.
Otto, Beverly. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jakrta: Prebadamedia Group.
Putnam, L. R. (1987). Language, language development and reading noam chomsky interviewed.
Rusdinal,dkk. (2005). Pengelolaan kelas di taman kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rosie, F., David, M., & Natalia, K. (2014). New directions for early literacy in a digital age: The ipad. Journal Of Early Childood Literacy .
Rochanah, Luluk. (2015). Pemanfaatan media komputer untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf dan perkembangan social pada anak usia 4-5 tahun di tk alfaradis sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Shah, A., & Godiyal, S. (2012). Ict in the early years: balancing the risks and benefits.
Shilpa, S., & Sunita, M. (2013). A study about role of multimedia in early childhood education. International Journal of Humanities and Social Science Invention .
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arif S, Rahardjo, Anung H Dan Rahardjito. (2010). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sujiono, Yuliani N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovative-progresif in concept, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: bumi Aksara.
Tiem Penyusun. (2013). Modul PLPG pendidikan latihan profesi guru. Surabaya: Pusat Pengembangan Profesi pendidik.
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran, landasan dan aplikasinya. Jakarta: Bineka Cipta.
Wiranataputra, U. S. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yus, Anita. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta. Prenadamedia Group.
Yamin, Sofyan & Kurniawan, Heri. (2011). SPSS COMPLETE: Teknik Analisis Statistika Terlengkap Dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Zaman, Badruz., Hernawan, A. H., & Eliyawati, C. (2008). Media dan sumber belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-12-21
How to Cite
Suprihatin, D. (2019). Pengembangan Media Interaktif “Tema Binatang” Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Kecamatan Grogol Kabupaten kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 625-661. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/76
Section
ARTIKEL PROSIDING