Psikodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Perempuan

  • Al Thuba Priyanggasari Universitas Merdeka Malang
  • Muhammad Rizkan Universitas Merdeka Malang
  • Frans Deska Bestari Universitas Merdeka Malang
Keywords: psikodrama, kepercayaan diri, remaja perempuan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meningkatkan  kepercayaan diri remaja perempuan dengan menggunakan teknik psikodrama. Subyek intervensi  dalam studi  ini adalah  6 orang siswa kelas 7 sebuah SMP di Kota Malang, Jawa Timur. Pemilihan subyek berdasarkan atas keterangan wali kelas dan hasil observasi. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, subyek memiliki diagnosis kepercayaan diri rendah, dimana hal ini dipertegas oleh hasil skor skala kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan skala kepercayaan diri. Intervensi terdiri dari 8 sesi psikodrama. Teknik ini dipilih karena pada psikodrama terdapat unsur action dan sharing dimana kegiatan tersebut harus dilakukan  sehingga memberian kesempatan pada peserta untuk menguji keyakinan dan kepercayaan diri mereka baik untuk bertindak maupun berbicara pada situasi yang melibatkan kehadiran orang lain. Namun terdapat sesi warming up untuk mengkondisian peserta dan beradaptasi pada situasi tersebut. Setelah dilakukan intervensi, seluruh peserta menunjukkan kenaikan skor pada skala kepercayaan diri.

References

Alsa, A. 2006. Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik. Jurnal Psikologi Semarang. 1, 47-48.
Barker, C., Pistrang, N., & Elliot, R. 2001. Research Methods in Clinical and
Counseling Psychology. England: Wiley.
BenEzer, G. 2006. Group Counseling and Psychotherapy Across The Cultural Divide: The Case of Ethiopian Jewish Immigrants in Israel. Transcultural Psychiatry. 45 (2), 205-234.
Blatner, A. 1996. Acting-In. (3rd. ed.), New York: Springer.
Corey, G. 2000. Theory and Practice of Group Counseling. USA: Thompson Learning.
Damanik, A. S. K. 2015. Psikodrama untuk Menurunkan Tingkat Stress pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03 (02), 325-341.
Daniels, V. 2002. Straddling the Boundary between Gestalt Therapy and Psychodrama. Gestalt. 6 (2), 1-5.
Dewi, R. S., Sucipto, S. D. & Puriani, R. A. 2018. Model konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Fokus Konseling 4 (2), 220-223.
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Balai Setia.
Fritson, K. K. 2008. Impact of Journaling on Students’ Self-Efficacy and Locus of Control. inSight: A Journal of Scholarly Teaching. 3, 75-83.
Forney, W. S., Forney, J. C. & Crutsinger, C. 2005. Gender, Delinquent Status, and Social Acceptance as Predictors of The Global Self-Esteem of Teens. Family and Constumer Sciences Research Journal, 33 (3), 208 – 219.
Herwanto, R. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Tidak Diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.
Hoffman, A. J., Knight, L. F. M. & Wallach, J. 2007. Gardening Activities, Education, and Self-Esteem: Learning Outside The Classroom. Urban Education, 42 (5), 403 – 411.
Hurlock, E. B. 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisis Kelima. Jakarta: Erlangga.
Karacas, Z. & Gokcakan, Z. 2009. The Effect of Group Best Psychodrama Therapy on Decreasing The Level of Agression in Adolescent. Turkish Journal of Psychiatry. 3 (6), 513-524.
Karp, M., Holmes, P., & Tauvon, K. B. 1998. The Handbook of Psychodrama. New York: Brunner-Routledge.
Kazdin, A. E. 1998. Research Design in Clinical Psychology Second Edition. United States of America: General Psychology Series.
Kumar, V. K., & Treadwell, T. 1986. Identifying a Protagonist: Techniques and Factors. Journal of Group Psychotherapy, Psychodrama, and Sociometry, 38 (4), 155-164.
Latipun. 2008. Psikologi Eksperimen Edisi Kedua. Malang: UMM Press.
Nuraeni, D. 2010. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VII & VIII Di SLTP I Lumbang Pasuruan. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ramadhon, P. 2018. Bimbingan Kelompok dengan teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anggota Tifosi Futsal Academy Yogyakarta. Thesis Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Seligman, M. 1998. Learned Optimism. New York: Pocket Books.
Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Treadwell, T., Kumar, V. K., & Stein, S. 1988. A Review of Psychodramatic Warm-Up Techniques for Children, Adolescents, and Adults. British Journal of Group Psychotherapy Psychodrama and Sociometry, 3 (1), 5–18.
Treadwell, T., Kumar, V. K. Stein, S. 1990. A Review of Psychodramatic Action and Closure Techniques for Adolescents and Adults. Journal of Group Psychotherapy, Psychodrama, and Sociometry, 43 (3), 102–115.
Published
2019-12-21
How to Cite
Priyanggasari, A. T., Rizkan, M., & Deska Bestari, F. (2019). Psikodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Perempuan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 609-624. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/75
Section
ARTIKEL PROSIDING