Pengembangan Media Cakra Indonesia Untuk Mata Kuliah Academic and Scientific Vocabulary

  • Nita Sutanti Universitas Islam Balitar
  • Yusniarsi Primasari Universitas Islam Balitar
Keywords: Pengembangan media, cakra Indonesia, Academic and Scientific Vocabulary

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa belum tersedianya media pembelajaran kosa kata yang menarik untuk Mata Kuliah Academic and Scientific Vocabulary. Sehingga mahasiswa merasa kesulitan untuk menguasai kosa kata baru hanya dengan membaca dan menghafal secara konvensional. Oleh karena itu dapat diadakan sebuah media pembelajaran baru untuk mempermudah mahasiswa menambah penguasaan kosa kata baru. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menemukan model Media Cakra Indonesia, 2) Untuk mengetahui validitas Media Cakra Indonesia. 3) Untuk mengetahui keefektivitasan media Cakra Indonesia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Reseach and Development diadaptasi dari Sugiyono. Hasil Penelitian yaitu (1) Model Media Cakra Indonesia berupa KIT dengan Kotak koper berisikan peta Indonesia dengan 50 titik pemberhentian pada satu sisi, di sebelah sisinya adalah cakra putar elektrik, kemudian kantong berisi 300 kartu dengan tiga level permainan, masing-masing level terdiri dari 100 kartu berisi pertanyaan terkait kosa kata akademik dan saintifik, kemudian pion, serta dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan dan latihan soal. Dimainkan perorangan minimal 2 s/d 4 orang, atau kelompok dengan kelompok (2) Media Cakra Indonesia dinyatakan Valid dengan validasi akhir dari validator media dan validator materi sebesar 85,42% (3) Media Cakra Indonesia dinyatakan efektif dengan tingkat keberhasilan mahasiswa mencapai 88,89%. Dengan demikian Media Cakra Indonesia dinyatakan valid, efektif, dan dapat digunakan untuk pembelajaran tanpa perbaikan.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Allen, J. 1999. Words, Words, Words Portland: Sten house Publishers,
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edition of 2010 Revision. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A., 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A., 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Dani, M., 2008. Pembelajaran Interaktif dan Atraktif Berbasis Game dan Animasi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Jakarta, e-Indonesia Initiative 2008 (eII2008).
Derakhshan, A. and Khatir, E. 2015. Journal of Applied Linguistics and Language Research. (Online). Journal. Volume 2, Issue 3, 2015
Santoso, M. & Zen, M. Y., 2018 Rancang Bangun Media Duta INDONESIA (Dadu dan Peta Indonesia) Dalam Meningkatkan Wawasan Nusantara Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. (sedang diseminarkan untuk diterbitkan)
Sugiyo, W., Latifah & Abidin, Z., 2008. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Volume 2, pp. 236-243.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriana, E., 2011. Matrix Board untuk Mempelajari Hukum Ohm dan Kirchoff pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di SMP dan SMA. Foton, Volume 15, pp. 23-32.
Tomlinson, B. 2013. Developing Materials for Language Teaching. Second Edition. New York: Bloomsbury Publishing.
Wallwork, A., English for Academic Research: Vocabulary Exercises. Italy: Springer.
Published
2019-11-25
How to Cite
Sutanti, N., & Primasari, Y. (2019). Pengembangan Media Cakra Indonesia Untuk Mata Kuliah Academic and Scientific Vocabulary. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 581-593. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/69
Section
ARTIKEL PROSIDING