Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek

  • Siti Halimatul Maulida
  • Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: pembelajaran matematika, etnomatematika, permainan tradisional, engklek

Abstract

Nilai matematika yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari dapat disebut sebagai etnomatematika. Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang terdapat pada kultur budaya, etnomatematika juga dapat digunakan untuk menerapkan matematika dalam menghadapi lingkungan alam dan juga pada sistem budaya yang ada. Indonesia mempunyai beragam budaya salah satunya permainan tradisional. Banyak jenis permainan tradisional yang terdapat di Indonesia salah satunya permainan engklek. Permainan tradisional engklek merupakan permainan yang banyak orang tau cara mainnya dan juga didalam permainan engklek terdapat unsur pembelajaran matematika, contohnya materi bangun datar yang terdapat dalam permainan engklek tersebut. Jadi permainan engklek terdapat dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar.

References

Damayanti, A. D. M., & Putranti, R. D. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa Sd Kelas V. Seminar Nasional Matematika Dan Terapannya 2016. Retrieved from https://senamantra.files.wordpress.com/2017/04/23-agustina.pdf
Dosinaeng, W. B. N. (2010). Analisis pemikiran matematis dalam permainan tradisional masyarakat lamaholot. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 491–498. Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/viewFile/2370/1331
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1387/eksplorasi-etnomatematika-pada-budaya-masyarakat-dayak-perbatasan-indonesia-malaysia-kabupaten-sanggau-kalbar-.html
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Jatmiko. (2014). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas x smk nahdhatul ulama pace nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 01, 205–213.
Kurniawati, A. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Bandaran Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Anak Autis Kelas 2 di SLB Autis Mutiara Hati Sidoarjo. Permainan Tradisional Bandaran Modifikasi Pengaruh, 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/11354/10764
Marta Towe, M. (2008). Etnomatematika Dalam Ritual Adat Suku Lio “Pati Ka” Di Danau Kalimutu. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6 467, 36(12), 4331–4334. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2008.09.071
Nuraeni, Z. (2013). P – 88 permainan anak untuk matematika. Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 978–979. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/10811/1/P - 88.pdf
Rachmawati, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/249/pdf
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. 4, 32–54. Retrieved from https://documat.unirioja.es/descarga/articulo/3738356.pdf
Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, 715–726. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/7435/1/Nur Rusliah.pdf
S. Sirate, F. (2018). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Safitri, D. (2015). Eksplorasi konsep matematika pada permainan masyarakat melayu sambas. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/10350/10004
Septya, E., Febriana, R., & Delyana, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Penalaran Komunikasi Matematis Siswa. IV(1), 27–35.
Wahyudin, W. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 1–19. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2290
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, (1), 111–118. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P - 15.pdf
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2431
Wijaya, A. (2009). Permainan (Tradisional) untuk Mengembangkan Interaksi Sosial, Norma Sosial dan Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya, 1–10. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310893/penelitian/wijayapermainan-dan-norma-sosio-matematik-dalam-pembelajaran-matematika-dengan-pendekatan-pmr.pdf
Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 1 Kuala Behe Rahmat. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5, 43–50. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12810
Published
2019-11-22
How to Cite
Maulida, S. H., & jatmiko, jatmiko. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 561-569. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/67
Section
ARTIKEL PROSIDING