Pengembangan Media Pembelajaran dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini

  • Titania Widya Prameswari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dewi Safitri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hajar Yaumil Faizah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widi Wulansari Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: media pembelajaran, peduli lingkungan, anak usia dini

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2018 Indonesia merupakan negara kedua penyumbang sampah terbesar di dunia. Sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Sebanyak 85.000 ton merupakan sampah kantong plastik yang terbuang ke lingkungan. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Melihat keprihatinan tersebut maka penulis mencoba untuk menemukan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran sebagai alat untuk menanamkan karakter dan kebiasaan peduli lingkungan  sejak usia dini. Media pembelajaran ini berbasis media 3 dimensi, sehingga mampu memberikan gambaran nyata kepada peserta didik mengenai dampak dari perilakunya terhadap lingkungan hidup disekitarnya. Hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu mewujudkan PAUD yang bermutu dan berkualitas yang mampu membentuk karakter dan kebiasaan pada anak. Metode implementasi diantaranya: (1) Mengumpulkan data melalui studi literatur dan observasi ke PAUD (2) Mendesain materi media pembelajaran (3) Pembuatan instrumen media (4) Uji validitas dan reliabilitas (5) Evaluasi meliputi : pengujian penggunaan, pengujian pada anak usia dini. Kelebihan media ini diantaranya (1) Menarik (2) Interaktif (3) Ekonomis (4) Edukatif. Melalui pengembangan media pembelajaran ini diharapkan dapat menanamkan karakter dan kebiasaaan peduli lingkungan pada anak usia dini.

References

Asmariani, 2016. Konsep Media pembelajaran PAUD. Jurnal Al-Afkar, Vol. 5 No. 1: hal 36-37
Cahyaningrum, Sapti Eka, dkk. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasan dan Keteladanan. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta. Vol.6 No. 2: 204-206.
Harlistyarintica, Yora, dkk. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6 No. 1 hal : 20-22
Hermoyo, Panji. 2014. Membentuk Komunikasi Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, Vol. 1 No. 1 hal: 1-22.
Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara.
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37 No. 1 hal : 22-29
Pratiwi, Niken, dkk. 2018. Analisis Implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Jawa Timur. JIEP, Vol. 18 No. 1 hal : 1-2
Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Vol. 1 No. 02 : 41-46.
Puspita,Sherly.https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/19/21151811/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-kedua-di-dunia (28 Januari 2019)
Rahman, Ulfiani. 2009. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.Lentera Pendidikan, Vol. 12 No. 1: 46-57.
Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 1 No.1 hal: 11-19.
Saurina, Nia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK , Vol. 20 No.1: hal 95-96
Silahudin. 2017. Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Dosen Fakultas dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Vol. 3 No. 2 hal : 21-30
Wibisana, Andi G. 2013. Pembangunan Berkelanjutan : status hukum dan pemaknaannya. Jurnal Hukum dan Pembangunan, Vol. 1 No. 1 hal : 57-6
Published
2019-11-21
How to Cite
Prameswari, T. W., Safitri, D., Faizah, H. Y., & Wulansari, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 556-560. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/65
Section
ARTIKEL PROSIDING

Most read articles by the same author(s)