Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Sinta Kumala Sari STKIP Modern Ngawi
  • Elvira Putri Heruwati STKIP Modern Ngawi
  • Susdarwati STKIP Modern Ngawi
Keywords: discovery learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Siswa tampak pasif dalam proses pembelajaran karena tidak ada yang bertanya dan menyimpulkan, melainkan hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru saja. Siswa belum mendapat kesempatan untuk menggali pemahaman dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui praktek dan penyelidikan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah dengan menggunakan metode pre experimental design dengan jenis pre-test dan post-test one group design. Sampel yang digunakan adalah kelas VII SMP Syafa’atul Ulum Ngawi yang berjumlah 21 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan siswa perempuan berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test sebelum siswa mendapatkan perlakuan, selanjutnya dilakukan post-test untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning tehadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa thitung > ttabel = 17,33>1,72 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan Hasil Uji Hipotesis  membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Fitri Apriani Pratiwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Kimia : Universitas Tanjungpura Pontianak.
Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon.
Susdarwati. 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016. Surakarta: Magister Pendidikan Sains, Universitas Sebelas Maret.
Published
2019-11-21
How to Cite
Sari, S. K., Heruwati, E. P., & Susdarwati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 546-555. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/62
Section
ARTIKEL PROSIDING