Pentingnya Critical Thinking Bagi Siswa dalam Menghadapi Society 5.0
Abstract
Perkembangan dunia saat ini cukup pesat. Hal tersebut ditandai dengan teknologi yang semakin canggih dan memudahkan setiap orang untuk memperoleh informasi dari segala penjuru. Semakin canggihnya teknologi tersebut harus dibarengi dengan kemampuan siswa dalam berpikir dan bertindak. Kemampuan siswa tersebut berupa critical thinking. Kemampuan ini harus diperkenalkan dan diterapkan bagi siswa dalam menghadapi society 5.0. Mengingat tantangan di era ini cukup beragam maka siswa harus mampu berpikir kritis. Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat memberikan bantuan bagi siswa untuk menguasai critical thinking. Guru BK dapat berkolaborasi dengan staf sekolah yang lain agar dapat mewujudkan siswa berpikir kritis. Diharapkan dengan kegiatan tersebut siswa akan lebih mudah dalam menghadapi society 5.0, menjadi pribadi yang kritis dan kreatif, serta siap untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin kompleks.
References
Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J.M. 2013. Critical Thinking: A Student’s Introduction, Fifth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Printice-Hall Inc.
Fukuyama, M. 2018. Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf.
Hove, G. (2011). Developing critical thinking skills in the high school English classroom.(Unpublished master’s thesis). University of Wisconsin-Stout, WI. Retrieved from https://tinyurl.com/y7dm8blh
Mendelman, L. (2007). Critical thinking and reading. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 51(4), 300- 304.
Santoso, K. A. Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0. 2019. (Online). (https://www.alinea.id/kolom/pendidikan-untuk-menyambut-masyarakat-5-0-b1XcI9ijL), diakses 25 September 2019.