Menyelesaikan Masalah Matematika untuk Menganalisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Media Screencast O Matic

  • Sri Devi Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: representasi, matriks, screencast-o-matic

Abstract

Kemampuan representasi matematis membantu siswa dalam membangun konsep, memahami konsep, dan menyatakan ide-ide matematis. Akan tetapi, kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya siswa yang masih kesulitan dalam mengubah kalimat matematika menjadi gambar, model matematika, bahkan siswa belum bisa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. Untuk itu, suatu proses pembelajaran harus dibuat semenarik mungkin agar siswa antusias dalam belajar yaitu dengan membuat media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi matriks dengan media screencast o matic. Pendekatan penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara menganalisis data yang ada untuk memperoleh informasi mengenai profil representasi matematis siwa untuk memecahkan soal pada materi matriks dengan media screencast o matic. Tahap penelitian yaitu pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan penelitian dan tahap penyelesaian. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan lembar observasi serta materi yang disampaikan dengan menggunakan media screencast o matic.

References

Amit, M & Fried, M,N. (2005). Multiple Representation In 8t Grade Algebra Lessons: Are Learners Really Getting It. In Chick, H.L & Vincent, J.L.(Eds.). Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 2, pp. 57-64
Dahlan, J. A. (2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hima, L. R. (2019). Changing In Mathematical Identity Of Elementary School Students Through Group Learning Activities. International Electronic Journal Of Elementary Education (IEJEE), Juni 2019, Vol 11, Issues 4, No 461-469, ISSN 1307-9298, DOI: 10.26822/Iejee.2019553342
Hudojo, Herman. 1995. Pengantar Penelitian Pendidikan Matematika, Malang: IKIP Malang.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: Universitas Negeri Malang
Hudoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, 5 Desember 2009. (online), tersedia: http://core.ac.uk, diunduh 19 Mei 2019
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 214-219.
NCTM. (2000). Principles and standards for Schools mathematic. USA: Reston. V.A.
NCTM. 2013. Priciples and Standards for school Mathematic. Reston, VA: NCTM
Ratnasari, Desi. 2014. Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak dipublikasikan.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh denga Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 191-219.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta
Syafri, F. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. jurnal edumath, 9-20.
Van De Walle, J. A. (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Published
2019-11-21
How to Cite
Wulandari, S. D. (2019). Menyelesaikan Masalah Matematika untuk Menganalisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Media Screencast O Matic. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 531-537. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/60
Section
ARTIKEL PROSIDING