Desain Strategi Pembelajaran ASIC (Adapting, Searching, Interpreting, Creating) yang Berorientasi untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Abad 21

  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: ASIC, kolaborasi, berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, metakognisi

Abstract

Hasil penelitian melalui phenomology study mengungkapkan bahwa kendala dalam pembelajaran berkelompok pada kelas inkuiri adalah belum optimalnya kolaborasi antar siswa berkemampuan akademik bawah dengan siswa berkemampuan akademik atas. Penyebabnya adalah siswa berkemampuan akademik rendah belum memiliki kesempatan untuk mengonstruksi struktur kognitifnya sehingga pada proses diskusi kelompok peran siswa berakademik rendah sangat kurang dan hasil kerja kelompok cenderung didominansi oleh siswa berakademik atas. Penguasaan konsep sains peserta didik yang rendah juga disebabkan strategi yang digunakan belum memberdayakan observasi yang mengacu kerja ilmiah. Bertolak dari kondisi empiris tersebut, telah didesain pembelajaran yang mengakomodasi temuan tersebut dan sejumlah teori belajar. Strategi pembelajaran ASIC merupakan akronim dari Adapting, Searching, Interpreting, dan Creating). Makalah ini mendeskripsikan aktivitas-aktivitas peserta didik selama dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ASIC yang telah dinyatakan valid oleh pakar (ahli teknologi pembelajaran, pembelajaran elektronik, psikologi perkembangan, pembelajaran IPA, bidang IPA/ Biologi, dan praktisi/ guru senior). Makalah ini juga memaparkan teknis pengintegrasian pendidikan karakter, literasi, dan kecakapan hidup abad 21 berupa 4C (creativity, critical thinking, communication, dan collaboration) melalui deep analysis sejumlah teori belajar dan justfikasinya berdasarkan kasus atau temuan dalam phenomology study.

Published
2019-10-28
How to Cite
Santoso, A. M., & Primandiri, P. R. (2019). Desain Strategi Pembelajaran ASIC (Adapting, Searching, Interpreting, Creating) yang Berorientasi untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Abad 21. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 46. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/6
Section
MATERI INVITE SPEAKER