Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus

  • Silvia Meylina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: berpikir kritis, pemecahan masalah, tipe kepribadian, tipe kepribadian tipologi hippocrates-galenus

Abstract

Pada abad 21 kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam konteks pemecahan masalah. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah matematika, yang mana dalam menyelesaikan masalah matematika siswa harus berpikir kritis untuk dapat menentukan solusinya. Kemampuan berpikir kritis setiap orang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan setiap orang memiliki tipe-kepribadian yang berbeda-beda. Terdapat beberapa jenis tipe kepribadian, salah satunya yaitu tipe kepribadian tipologi hippocrates galenus. Tipe kepribadian tipologi hippocrates galenus dibagi menjadi 4 macam yaitu, Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Pembagian tersebut berdasarkan cairan pada tubuh manusia. Hasanah juga menjabarkan dalam artikelnya “Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Estrovert-Introvert dan Gender” bahwa cara memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan dalam memeriksa kembali jawaban siswa dengan tipe kepribadian Extrovert dan Introvert menggunakan proses berpikir yang berbeda.

References

Agustina, R., Sujadi, I., & Pangadi. (2013). Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Penyelesaian Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 370–379.
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan. Jurnal Math Educator Nusantara, 12, 159–170.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
Fikri, F. N., Mardiayan, & Kuswardi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Facione Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN Purwodadi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 1(2), 56.
Jatmiko. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3, 17–20.
Khamidah, K., & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248.
Layyina, U. (2018). (Mari wes) Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. Prisma, 1, 704–713.
Nursangaji, A. (2016). Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Perbandingan. 57–59.
Panjaitan, B. (2015). Karakteristik Metakognisi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 19–28.
Pimta, S., Tayruakham, S. dan Nuangchalerm, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences. Vol 5, No 4, pp 381 – 385.
Ramalisa, Y. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica, 03(01), 42–47.
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sabandar, J. (2006). Pertanyaan Tentang dalam Memunculkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika.(Artikel Ilmiah).Bandung: UPI Jurnal Pendidikan No.2 tahun XXV 2006.
Siswono, T.Y.E. (2002). Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Soal. Universitas Negeri Surabaya.
Suryabrata, S. (2008). Psikologi Kepribadian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2019-11-21
How to Cite
Meylina, S., & Jatmiko, J. (2019). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 523-530. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/59
Section
ARTIKEL PROSIDING