Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption

  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: disruption, E-learning, moodle

Abstract

Dunia pada saat ini sedang menghadapi era disruption, yang artinya terjadinya perubahan pola tatanan lama, menjadi tatanan baru. Prubahan ini terjadi di semua bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Di dalam bidang pendidikan, sistem pembelajaran selain harus bersifat konservatif juga harus bersifat kreatif, kreatif dalam hal ini adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi misalnya dalam pembelajaran menggunakan sistem E-learning. Karena dengan E-learning kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Terutama pada matakuliah konsep dasar IPA 2, karena pada mata kuliah ini perlu dilaksanakan dengan waktu yang lama untuk melakukan diskusi mengenai penanaman konsep dasar IPA agar mahasiswa PGSD sebagai calon guru Sekolah Dasar (SD) tidak terjadi miskonsepsi. E-Learning yang digunakan menggunakan sistem Moodle, moodle adalah modular object-oriented dynamic learning environment, sistem yang berguna untuk kegiatan pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet melalui web dan keberadaanya sangat memudahkan pengajar ataupun pembelajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan E-learning, E-learning juga memberikan fasilitas forum diskusi online dengan sesama pengguna, dan terdapat pula fasilitas kuis online, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi efektif untuk dilaksanakan. Semua kegiatan bisa di lakukan secara online dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

References

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
Bogdan, R, dan Biklen, S. K. 1982, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nedelko, Zlatko. (2008). Participants’ Characteristics for E-Learning. http://www.g-cass.com. Diakses: 2 Juni 2011
Harahap, S.H., 2015. Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah sistem informasi akuntansi. JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 15(1).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-11-21
How to Cite
Putri, K. E., & Damayanti, S. (2019). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 515-522. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/58
Section
ARTIKEL PROSIDING