Representasi Matematis Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Transportasi

  • Niska Shofia Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: representasi matematis, riset operasi

Abstract

Representasi dapat digunakan untuk membantu menemukan solusi dari suatu permasalahan. Dalam pemahaman konsep maupun penyelesaian masalah  matematis memerlukan suatu representasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis mahasiswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah transportasi. Masalah Transportasi pada mata kuliah Riset Operasi merupakan salah satu bagian dari mata kuliah wajib bagi mahasiswa strata satu program studi Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian kualitatif, peneliti menggunakan subjek penelitian yakni salah satu mahasiswa program studi Teknik informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri yang berkemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematis mahasiswa teknik informatikan yaitu mahasiswa berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan masalah dengan multi representasi yakni representasi secara visual maupun verbal dan dapat memberikan jawaban secara lengkap dan terstruktur.

References

Aminudin. 2005. Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga
Kartini. 2009. Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 05 Desember 2009. http://eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf
Luitel, B.C. (2001). Multiple Representations of Mathematical Learning. [online]. Available: http://www. matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf
Siang, Jong Jek. 2011. Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis. Yogyakarta: Andi.
Taha, Hamdy A. 1992. Operation Research an Introduction. New York: Mc. Millan.
Published
2019-11-21
How to Cite
Shofia, N. (2019). Representasi Matematis Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Transportasi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 508-514. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/57
Section
ARTIKEL PROSIDING