Model Pembelajaran ‘Trompet’ dalam Penjas: Berbasis Kecerdasan Emosional

  • Atrup Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Chris Tomy Yudhi Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: model trompet, pembelajaran penjas, kecerdasan emosional

Abstract

Perkembangan bidang teknologi dan informasi yang sangat cepat dan sangat canggih membuat anak-anak generasi alpha lebih mudah mengakses berbagai jenis infomasi, hanya dengan melihat seorang anak dengan mudah menerima dan menirukannya. Disayangkan, kondisi semacam ini tidak diikuti dengan model pembelajaran yang diperagakan guru di sekolah. Guru cenderung mempertahankan cara-cara lama yang sesungguhnya telah tertinggal dengan perkembangan dan pola pikir anak-anak di era ini. Model pembelajaran ‘Trompet’ menawarkan prosedur pembelajaran yang memberdayakan kemampuan anak dengan mengikuti langkah-langkah: (1) bagikan pengalaman, (2) respons, (3) kenali pola perilaku yang unik, (4) pola perilaku sendiri (5) klarifikasi, (6) alternative (diperbolehkan), (7) evaluasi, dan (8) menetapkan perilaku yang dikembangkan.

References

Dryden, G. dan Vos, J. (1999). The Learning Revolution, Torrance, CA: The Learning Webb
Gardner, H. (1999a). The Diciplines Mind: What All Students Should Understand, New York: Simon and Schuster
Gardner, H. (1999b). Intelligence Refremed: Multiple Intelligence for The 21st Century, New York: Basic Books
Gardner, H. (1993). Frame of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, New York: Basic Books
Goleman, D. (2007). Social Intelligence: The New Science of Human Relationship, Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Tama
Goleman, D. (1999). Working With Emotional Intelligence, New York: Bautan Book
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ., New York: Bautan Book
Mc.Cown, K. S. dan Mc.Cormick, A. H. (1999). “Self-Science: Emotional Intelligence for Children” dalam Reigeluth, C. M. (ed.). Instructional –Design Theories and Models, Volume II: A New Paradigm of Instructional Theory, London: LEA
www.enterthelab.com
Published
2019-11-20
How to Cite
atrup, A., & Nugroho, C. T. Y. (2019). Model Pembelajaran ‘Trompet’ dalam Penjas: Berbasis Kecerdasan Emosional. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 493-498. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/55
Section
ARTIKEL PROSIDING