Analisa Kemampuan Pengucapan English Diphtongs pada Siswa-Siswi Menggunakan Aplikasi Android “English Pronunciation by Kepham”

  • Wulan Wangi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Sutami Dwi Lestari Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: kemampuan, pengucapan, diftong, aplikasi, bahasa inggris

Abstract

Salah satu hal terpenting dalam menguasai bahasa Inggris adalah mempelajari pengucapan (pronunciation). Diftong merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemui dalam mempelajari pronounciation. Salah satu cara melatih kemampuan pengucapan bahasa Inggris secara mandiri adalah melalui aplikasi “English Pronunciation by KEPHAM” pada android. Aplikasi ini merupakan salah satu media dalam mengukur kemampuan pronounciation bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan pengucapan diftong bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi “English Pronunciation by KEPHAM” pada siswa-siswi kelas X jurusan Perikanan SMKN I Glagah, Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif melalui beberapa langkah yaitu identifikasi, kategori, analisis dan menyimpulkan data. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes pengucapan dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan persentase nilai rata-rata kemampuan pengucapan diftong [eɪ] adalah 49,14%, diftong [aɪ] sebesar 50%, diftong [ɔɪ] 56,90%, diftong [əʊ] sebesar 62,07%, diftong [ɪə] sebesar 42,24%, diftong [eə] sebesar 36,20% enam diftong tersebut termasuk dalam kategori cukup baik. Kemampuan pengucapan diftong yang berada pada kategori kurang adalah diftong [aʊ] sebesar 30,17% dan diftong [ʊə] sebesar 28,45%. Penyebab kemampuan pengucapan diftong mereka yang masih dalam kategori kurang dan cukup adalah dikarenakan kurangnya motivasi belajar bahasa Inggris dan pengaruh dari pemikiran responden yang masih rendah terhadap pentingnya bahasa Inggris bagi mereka.

References

Barakati, D.P. 2013. Dampak Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). (Online) (https://media.neliti.com/media/publications/84168-ID-dampak-penggunaan-smartphone-dalam-pembe.pdf) Accesed on January 17th 2019.
Hudson, J. 2016. The Sound of English – A Practical Course in British English Pronunciation. (Online) (https://www.pdfdrive.com/the-sound-of-english-a-practical-course-in-british-english-pronunciation-e187069072.html) Accessed on September 19th, 2019.
Kustanti, D., & Prihmayadial, Y. 2017. Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(01) https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798
Lutfiansyah. 2016. Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 16-22. (https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/1545) Accessed on April 13th 2019.
Pronunciation. 2016. In University of Technology, Sydney. Retrieved from (https://www.uts. edu.au/sites/ default/files/ Pronunciation%20e-Booklet.pdf) Accessed on September 19th 2019.
Setyowati, L., Ambarsari, Y., & Muthoharoh, N.B. 2017. Pelatihan Pelafalan Kata-kata Bahasa Inggris dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-Guru Sakinah English Course. Jurnal E-Dimas, 8(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1368
Sholeh, A., & Muhaji, U. 2015. Pronunciation Difficulties Encountered By Efl Students in Indonesia: Sebuah Studi Kasus pada Mahasiswa Kelas Integrated Course Semester 1 Fkip Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 698-707. (https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.807)
Smith, R. 2015. American English Pronunciation.
(https://www.pdfdrive.com/american-english-pronunciation-rachels-english-e58498623.html) Accesed on September 19th 2019.
Yoshida, M.T. (2013). Understanding and Teaching the Pronunciation of English. (http://teachingpronunciation.weebly.com/uploads/9/5/9/1/9591739/understanding_and_teaching_the_pronunciation_of_english-16pt. pdf) Accessed on September 19th, 2019.
Published
2019-11-19
How to Cite
Wangi, W., & Lestari, S. D. (2019). Analisa Kemampuan Pengucapan English Diphtongs pada Siswa-Siswi Menggunakan Aplikasi Android “English Pronunciation by Kepham”. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 462-467. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/51
Section
ARTIKEL PROSIDING