Pelestarian Karakteristik Etika Sosial Budaya pada Anak Usia Dini

  • Niken Ayu Saptiwi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dewi Safitri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Brigita Ika Susanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: etika sosial budaya, anak usia dini

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki kultur yang sangat khas terkait dengan penanaman etika sosial budaya yang diterapkan di lingkungan terutama melalui lingkungan sekitar dan keluarga anak. Anak usia dini merupakan pribadi yang unik mempelajari sesuatu dengan mengamati lingkungan sekitar. Permasalahan yang terjadi dengan perkembangan zaman anak sejak usia dini perlu ditekankan pembiasaan etika sosial budaya karena banyak muncul sikap anak yang kurang menghargai orang tua, bahkan dengan teman sebaya, anak bersikap kurang berempati terhadap lingkungan sekitar akibat penggunaan gadget berlebihan. Berdasarkan pengamatan di TK Labschool UN PGRI Kediri ada beberapa strategi yang diterapkan oleh guru dalam menerapkan konsep pembiasaan agar etika sosial budaya dapat tertanam dalam diri anak sejak usia dini. Tujuan penulisan makalah adalah akan menguraikan secara deskriptif bagaimana pelestarian karakteristik etika sosial budaya yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam pemaparan makalah deskriftif kualitatif, dengan subjek adalah peserta didik di kelompok A TK Lab school UN PGRI Kediri. Hasil yang diharapkan dengan pemaparan makalah bermanfaat dalam peningkatan kegiatan pembelajaran anak usia dini terutama dalam konsep etika budaya.

References

Cahyaningrum,E.S. Sudaryanti, Nurtanio, Purwanto, A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/17707/10181. Volumen 6, Edisi 2, Desember 2017
Chusna. Puji. A. 2017. Pengaruh media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan; 315-330)
Hurlock. E. 2002. Psikologi Perkembagan Anak: Suatu Pendekatan Sepanjang Reanatang Kehidupan. Alih Bahasa: Indonesia. Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Jamiah. Yulis. 2017. Internalisasi Nilai Sosial dan Budaya Bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melalui Pembelajaran Matematika Kreatif. https://media.neliti.com/media/publications/218135-internalisasi-nilai- sosial-dan-budaya-ba.pdf (diakses 26 September 2019)
Riyanto. A. 2015. Pendidikan Etika Membangun Kepribadian Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, Vol. 1, No.1 Oktober 2015: 1-12
Sugiyo. 2012. Pengembangan Karakter Anak melalui Konservasi Moral Sejak Dini. Ijc; Indonesia Journal of Conservation.
Published
2019-11-18
How to Cite
Saptiwi, N. A., Safitri, D., Susanti, B. I., & Wijaya, I. P. (2019). Pelestarian Karakteristik Etika Sosial Budaya pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 454-461. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/50
Section
ARTIKEL PROSIDING