Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual di KB Labschool UN PGRI Kediri

  • Hajar Yaumil Faizah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Adea Jery Nurafitri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diana Kusuma Dewi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Oktavia Nur Fauziah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: strategi pembelajaran, media audio visual, anak usia dini

Abstract

Berdasarkan observasi di KB Labscool UN PGRI Kediri ada permasalahan capaian perkembangan anak masih rendah pada kemampuan kedisiplinan anak dalam menerima materi diketahui dari ketika guru menyampaiakan materi pembelajaran anak masih berlari-lari, berpindah tempat duduk, kurang fokus atau kurang konsentrasi. Dari permasalahan yang dihadapi tersebut guru menerapkan pembelajaran melalui media audio visual yaitu penayangan video edukatif. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah ingin mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran menggunakan media audio visual berupa tayangan video edukatif yang akan berfungsi meningkatkan kemampuan anak kedisplinan di kelas agar fokus dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sejumlah 15 anak di KB Labschool UN PGRI Kediri. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dapat meningkat terlihat saat anak mengikuti kegiatan penayangan video edukatif. Selain anak merasa senang sesuai konsep pembelajaran di PAUD juga dapat menstimulasi perkembangan anak untuk bertanya serta duduk dengan disiplin. 

References

Aristowati, 2014. Strategi pembelajran Displin Pada Anak TK Di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Belia 3 (1) ISSN: 2252-6382. Eraly Childhood Education Paper. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia.
Asyar. A. 2011. Media Pembelajaran; Jakarta: Raja Grafindo persada.
Bahar, Shobah 2015; Mengapa Pendidikan AUD Sangat Penting?. Kompasiana.com. 28 februari 2014. (diakses tanggal 30 September 2019)
Fitria, A. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini Volume 5 No.2 November 2012; 57-62
Lestariningrum, Anik. 2018. Strategi Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini menggunakan Media Audio Visual. Proseding Seminar PKN IV; 81-87
Purnama,A. Safitri , R ,dan Tarigan, Ester .E. 2017. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan Di TK Bina Anaprasa Kencana Tahun Ajaran 2016/2017. Diseminarkan di Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas negeri medan. 2017.ISBN: 978-602-50622-0-9.
Sastri, Wiryotinoyo. M. dan Sudaryono, 2013. Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Menulis Berita Singkat. Jurnal Pena, Vol.3, No.2 Desember 2013.
Wulansari, W. Lestariningrum, A. 2017. Strategi Pembelajaran Sentra Multimedia Di PAUD Labschool Un PGRI Kediri. Proseding Seminar Nasional Rabu 17 Mei 2017; ISBN: 978-979-8559-87-7; 55-65
Published
2019-11-18
How to Cite
Faizah, H. Y., Nurafitri, A. J., Dewi, D. K., Fauziah, O. N., & Lestariningrum, A. (2019). Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual di KB Labschool UN PGRI Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 447-453. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/49
Section
ARTIKEL PROSIDING