Etnomatematika: Batik Khas Kediri Sebagai Media Pembelajaran Matematika Barisan dan Deret Aritmetika

  • Habibah Nur Jannah Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: etnomatematika, batik, kediri, barisan dan deret aritmetika

Abstract

Budaya dan matematika merupakan dua hal yang berkaitan erat. Etnomatematika adalah sebuah ilmu yang dipergunakan untuk memahami bahwa matematika dapat dihubungkan dengan budaya. Batik khas Kediri bolleches merupakan salah satu budaya yang ada di Kediri. Batik ini adalah batik “Bolleches”. Kata Bolleches berasal dari bahasa Belanda yang berarti titik-titik kecil. Pembuatan titik-titik ini untuk beberapa motif ada yang mengaplikasikan pola pada barisan dan deret aritmetika dalam matematika.  Penelitian ini bertujuan  mengeksplorasi batik khas Kediri sebagai media pembelajaran matematika barisan dan deret aritmetika. Metode yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Peneliti sebagai pengumpul data sekaligus instrumen utama didukung dengan studi literatur, catatan lapangan, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil data dari eksplorasi, pengamatan serta dokumentasi penelitian, batik khas Kediri bolleches memiliki beberapa pola bilangan pada barisan dan deret aritmetika yang termuat dalam motifnya. Berdasarkan konsep barisan dan deret aritmetika pada batik khas Kediri yakni bolleches yang diuraikan di sebelumnya, beberapa motif batik bolleches dapat dipergunakan sebagai alternatif media pembelajaran mengenal pola bilangan, suku-suku pada barisan, beda, rumus barisan dan rumus deret aritmetika.  Objek etnomatematika yang ada di ruang lingkup masyarakat sekitar kita dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang relevan, inovatif, dan menarik bagi siswa.

References

Andalasari. (2016). PERANCANGAN VIDEO PROFIL BATIK BOLLECHES DARI KABUPATEN KEDIRI. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 9–57. Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/1252/7/Jurnal Maulana S.pdf
Bishop, A. J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education : Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematics, 2(June), 15–18. Retrieved from https://flm-journal.org/Articles/71BCD65E9962F33C8393F5FBE0A2D.pdf
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika, 20–38. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2291/1254
Mujiono. (2015). Keberadaan batik kediri jawa timur. GELAR, 13(449), 60–61. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/gelar/article/view/1535/1485
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics Etnomatemática : os aspectos culturais da matemática. 4, 32–54.
Sardjiyo dan Pannen, P. "Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi." Jurnal pendidikan, 2005: 83-97.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Sleman: Deepublish.
Published
2019-11-18
How to Cite
Jannah, H. N. (2019). Etnomatematika: Batik Khas Kediri Sebagai Media Pembelajaran Matematika Barisan dan Deret Aritmetika. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 440-446. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/48
Section
ARTIKEL PROSIDING