Candi Tegowangi: Inspirasi Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Budaya

  • Fandi Abardi Sugianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: relief, candi tegowangi, media pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi relief peniggalan sejarah di lingkungan daerah kususnya kediri yaitu candi tegowangi sebagai sumber pengembangan media pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian adalah metode fenomenologi karena berfokus pada identifikasi yang dilakukan oleh siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan mata pelajaran matematika dan materi pokok yaitu segi banyak beraturan dan tak beraturan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dapat menemukan atau mengidentifikasi bangun-bangun segi banyak beraturan dan tak beraturan yang terdapat pada relief peninggalan sejarah dan dapat menemukan bentuk atau bangun baru yang sebelumnya belum teridentifikasi pada relief peninggalan sejarah tersebut. Kesimpulannya adalah dengan bantuan siswa, dapat diperoleh hasil identifikasi bangun segi banyak beraturan dan tak beraturan pada relief peninggalan sejarah yang dengan hasil identifikasi tersebut dapat dijadikan dasar pengembangan media pembelajaran berbasis budaya daerah yang mengandung nilai matematika didalamnya untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap budaya daerah sejak dini.

References

Hardoyo, R. (2004). peninggalan sejarah sebagai sumber belajar dalam kurikulum berbasis kompetensi ( studi kasus di Kabupaten Semarang ) (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/9385
Helaluddin. (2018). Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuat penelitian kualitatif. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, (March), 1–15. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/323600431_Mengenal_Lebih_Dekat_dengan_Pendekatan_Fenomenologi_Sebuah_Penelitian_Kualitatif
Riyani, M. (2015). Local Genius Masyarakat Jawa Kuno Dalam Relief Candi Prambanan. Jurnal Seuneubok Lada, 2(1). Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/554
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, D. Y., & Jati, S. S. P. (2014). Relief ari darma di candi jago. Universitas Negeri Malang, 8(2). Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4766
Yunmar, R. A., & Harjoko, A. (2014). Sistem Identifikasi Relief pada Situs Bersejarah Menggunakan Perangkat Mobile Android (Studi Kasus Candi Borobudur). IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 8(2), 133–144. https://doi.org/10.22146/ijccs.6541
Published
2019-11-17
How to Cite
Sugianto, F. A. (2019). Candi Tegowangi: Inspirasi Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Budaya. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 425-431. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/46
Section
ARTIKEL PROSIDING