Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Yafita Arfina Mu’ti Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Ais Rosyida Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: lembar kegiatan siswa, contextual teaching and learning (CTL), teorema pythagoras

Abstract

Inovasi Pembelajaran matematika perlu dilakukan seiring dengan perkembangan jaman untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Salah satu cara melakukan inovasi pembelajaran matematika adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa berbasis CTL terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama pada materi Teorema Pythagoras.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Dolopo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik simple random sampling. Tes yang diberikan berupa tes pilihan ganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung  sebesar 3,586 dan ttabel pada taraf signifikan  sebesar 1,679, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh LKS berbasis CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras. LKS berbasis CTL memfasilitasi siswa untuk memahami makna materi yang diajarkan dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ampa, A, T, Basri, M, dan Andriani, A. 2013. The Development of Contextual Learning Materials for the English Speaking Skills. International Journal of Education and Research, 1(9):1-10.
Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
Awofala, A.O. A., Fatade, A. O., and Ola-Oluwa, S. A. 2012. Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondari School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 3(11):7-12.
Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Budiyono. 2015. Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. United Kingdom: Lybrary of Congress Cataloging-in-Publication.
Kidman, J. 2004. Teaching and Learning: Mapping the Contextual Influences. International Education Journal, 5(3):331-343.
Komnasham. 2018. Darurat Pendidikan Indonesia: Apa Solusinya?. Komnasham: Jakarta.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nartani, C., Hidayat R.A, dan Yohana, S. Communication in Mathematics Contextual. International Journal of Innovation and Research in Educational Science, 2(4):284-287.
Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015. 2016. (Online). (www.oecd.org.edu/pisa). Accesed on September 23th 2019.
Sofan, A. dan Khoiru, I. A. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Suryani, I, Mardiati,Y, dan Herlanti, Y. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Jurnal Universitas Islam Negeri Jakarta, 8(2):150-156.
Sutama, Haryoto, dan Narimo, S. 2013. Contextual Math Learning Based on Lesson Study Can Increase Study Communication. International Journal of Education., 5(4):48-60
Sutama, Samino, dan Narimo, S. 2015. Lesson Study Based Contextual Mathematics Learning Quality in Elementary School of Selo Boyolali. American International Journal of Social Science., 4(3):40-45.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learnig) di Kelas. Jakrta: Cerdas Pustaka
Published
2019-11-17
How to Cite
Mu’ti, Y. A., & Rosyida, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 411-424. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/45
Section
ARTIKEL PROSIDING