Peluang Olahraga dalam Menyongsong Era 5.0

  • M. Akbar Husein Allsabah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sugito Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: society 5.0, revolusi industri, olahraga, teknologi

Abstract

Era globalisasi kini dirasa tidak terbendung lagi sehingga masuk ke Indonesia. dengan adanya kemajuan dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini dunia telah masuk dalam era Society 5.0 yang telah dikembangkan oleh Jepang yang menekankan pada penyeimbangan kemajuan teknologi sekaligus mempertimbangkan aspek humaniora. Sebelumnya dunia telah masuk pada era 4.0 dan kemudia di susul society 5.0. Menghadapi tantangan tersebut, olahraga dituntut untuk menyesuaikan society 5.0. Insan yang ada dalam olahraga harus mempersiapkan diri menghadapi era society 5.0. Pembekalan tersebut adalah mengaitkan olahraga dengan big data dan Internet of Things yang merupakan kecerdasan buatan yang telah ada, selanjutnya dimanfaatkan melalui olahraga. Pemanfaatan tersebuat diantaranya seperti membekali insan yang ada pada olahraga untuk memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak disertai dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan diterapkan pada masyarakat luar, sehingga mampu melakukan penyesuaian dengan tantangan zaman dalam memenuhi kebutuhan society 5.0.

References

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT.
Khamdani, A. (2010). Olahraga Tradisonal Indonesia. Klaten: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.
Kobelev, B. (2017). On The Way From Industry 4.0 to Industry 5.0: From Digital Manufacturing to Digital Society. International Scientitic Journal.
Sachsenmeier, P. (2016). Industry 5.0—The Relevance and Implications of Bionics and Synthetic Biology. Engineering. https://doi.org/10.1016/J.ENG.2016.02.015
Santoso, K. A. (2019). Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0. Retrieved from alinea.id Fakta, Data, Kata website: https://www.alinea.id/kolom/pendidikan-untuk-menyambut-masyarakat-5-0-b1XcI9ijL
Schumacher, A., Erol, S., & Sihn, W. (2016). A Maturity Model for Assessing Industry 4.0 Readiness and Maturity of Manufacturing Enterprises. Procedia CIRP. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.07.040
Seippel, Ø. (2006). The Meanings of Sport: Fun, Health, Beauty or Community? Sport in Society, 9(1).
Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0: revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi.
Wibawa, Ramadhan Prasetya., D. R. A. (2019). PERAN PENDIDIKAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA SOCIETY 5.0 SEBAGAI PENENTU KEMAJUAN BANGSA INDONESIA. EQUILIBRIUM Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141.
Wurianto, A. B. (2019). Literasi Bahasa Dan Sastra Indonesia Menuju Kewirausahaan Profesi Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 (Peluang Dan Tantangan). Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 10–17.
Zhou, K., Liu, T., & Zhou, L. (2016). Industry 4.0: Towards future industrial opportunities and challenges. 2015 12th International Conference on Fuzzy Systems and Knowledge Discovery, FSKD 2015. https://doi.org/10.1109/FSKD.2015.7382284
Published
2019-11-17
How to Cite
Allsabah, M. A. H., & Sugito, S. (2019). Peluang Olahraga dalam Menyongsong Era 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 396-403. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/43
Section
ARTIKEL PROSIDING