Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Sebuah Pandangan Filosofi

  • Hendra Mashuri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ika Cahya Puspitasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Shofi Maulana Abadi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: filosofi, pendidikan jasmani, pendidikan olahraga

Abstract

Pendidikan jasmani dan olahraga mempunyai posisi penting terhadap perkembangan sumber daya manusia. Secara kongkrit, pendidikan jasmani merupakan upaya untuk membuat peserta didik sehat seutuhnya, yaitu sehat jasmani (kesegaran jasmani), sehat rohani (moral), dan sehat sosial. Proses dalam pendidikan jasmani dan olahraga mengandung unsur perkembangan jasmani yang membantu perkembangan kognisi serta membiasakan peserta didik pendidikan jasmani dan olahraga untuk mengamalkan nilai-nilai luhur yang diwujudkan gaya hidup peserta didik.

References

Bucher, CA. 1960. Foundation of Physical Education. ST. Louis: The CV. Mosby Company.
Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Maksum, Ali. 2009a. Pengantar Filsafat: Dari Masa Klasik hingga Postmodernisme. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Maksum, Ali. 2009b. Konstruksi Nilai Melalui Pendidikan Olahraga. Cakrawala Pendidikan, Th. XXVIII, Nomor 1.
Mashuri, Hendra. 2015. Pengaruh Latihan Permainan Catur terhadap Prestasi Akademik Siswa SD Se-Kabupaten Trenggalek. Jurnal SPORTIF Volume 1, Nomor 1.
Mashuri, Hendra. 2017. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF Volume 3, Nomor 1.
Mashuri, Hendra dan Pratama, Budiman A. 2019. Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Jasmani untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Proceeding of the National on Women’s Gait in Sports Towards a Healthy Lifestyle. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.
Sumaryanto. 2012. Perspektif Filsafat Olahraga dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat. Medikora, Volume IX, Nomor 2.
Suriasumantri, Jujun s. 1984. Filsafat Ilmu. Jakarta: Sinar Harapan.
Van Peursen, C. A. 1985. Susunan Ilmu Pengetahuan. Alih Bahasa: J. Drost. Jakarta: Gramedia.
Published
2019-11-17
How to Cite
Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Sebuah Pandangan Filosofi . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 383-390. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/41
Section
ARTIKEL PROSIDING