Kebutuhan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek

  • Flora Puspitaningsih STKIP PGRI Trenggalek
  • Rohmat Febrianto STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: media, buku, pengembangan, evaluasi, pembelajaran

Abstract

Guru maupun calon guru wajib memiliki pemahaman yang baik tentang evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran memegang peranan penting dalam usaha Guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu. STKIP PGRI Trenggalek merupakan perguruan tinggi berbasis LPTK. Input mahasiswa  dengan kualitas yang minimalis menghambat mahasiswa untuk mencapai kompetensi ideal dalam Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Selain kemampuan mahasiswa sendiri, tiga hal lainnya telah terlaksana dengan baik. Agar proses pencapaian kompetensi dapat berjalan dengan lancar, maka diperlukan buku ajar yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Dengan buku ajar yang mudah dipahami maka dapat diharapkan setelah menempuh Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengelola dan menganalisis hasil evaluasi belajar. Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis seberapa jauh kebutuhan buku ajar untuk mahasiswa dengan cara melakukan analisis kebutuhan. Analisis digunakan sebagai dasar untuk mengambil tindakan yang lebih jauh terkait dengan kebutuhan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kondisi yang memperkuat kebutuhan buku ajar.

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R. dan Riyana, C.. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan. 2016. Lampiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakanarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. Didaktika, Vol.2 No.1 maret 2007:216-266.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Supriadi, O. 2013. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Laksbang.
Novauli, Feralys. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala PP. 45- 67 vol 3 No 1.
Published
2019-11-17
How to Cite
Puspitaningsih, F., & Febrianto, R. (2019). Kebutuhan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 378-382. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/40
Section
ARTIKEL PROSIDING