Penerapan Prinsip Belajar dan Aplikasinya Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

  • Evi Rizqi Salamah STKIP Bina Insan mandiri Surabaya
Keywords: prinsip belajar, aplikasinya, mahasiswa PGSD, motivasi

Abstract

Penelitian ini bermula dari dari proses pembelajaran yang kurang maksimal pada mahasiswa saat perkuliahan berlangsung, terlihat saat di kelas kurangnya ada motivasi pada mahasiswa saat mengikuti kegiatan perkuliahan, ada 50% mahasiswa yang kurang antusias dan tidak semangat dalam mengikuti perkuliahan di kelas. Dengan adanya permasalahan ini maka perlu adanya solusi perbaikan dalam perkuliahan. Solusi tersebut adalah dengan menerapkan prinsip pembelajaran dan aplikasainya saat kegiatan perkuliahan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana peningkatan motivasi pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan hal-hal mengenai penerapan prinsip Belajar dan Aplikasinya pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Meningkatkan Motivasi Pembelajaran. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip belajar dan aplikasinya dapat meningkatkan motivasi belajar pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

References

Syaiful Bahri Djamarah dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Roestiyah H.K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Dewi Salma Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).
Wina Sanjana, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).
Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009).
Hamruni, Strategi Dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009).
Nathan, R. & Hill, L. 2012. Konseling Karir. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/19/prinsip-prinsip-belajar-dan-implikasinya-4/
https://strategi-belajarmengajar.blogspot.com/2011/03/prinsip-prinsip-belajar-dan-aplikasinya.html
https://gudangpendidikan.blogspot.com/2009/05/prinsip-prinsip-belajar-dan-aplikasinya.html
Published
2019-11-17
How to Cite
Salamah, E. R. (2019). Penerapan Prinsip Belajar dan Aplikasinya Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 372-377. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/39
Section
ARTIKEL PROSIDING