Dimensi Kepemimpinan Dalam Kegiatan Belajar-Pembelajaran

  • Setya Adi Sancaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ikke Yuliani Dhian Puspitarini Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: kepemimpinan, guru, belajar-pembelajaran

Abstract

Secara sistemik faktor guru (filosofi, kompetensi, motivasi, kepemimpinan) merupakan komponen dari kegiatan belajar pembelajaran. Pemahaman guru terhadap hakekat siswa sebagai subyek (bukan obyek) menjadi sangat penting karena akan berdampak pada sikap dan tindakan guru dalam melaksanakan aktifitas pembelajarannya. Asas pendidikan tut wuri handayani sudah semestinya dipahami, dihayati, dan dilaksanakan oleh setiap guru dalam aktifitas pembelajaran. Namun demikian guru dengan tipe kepemimpinan otoriter, dan laissez faire akan mengalami kesulitan jika harus bersikap dan bertindak sebagaimana yang terkandung dalam azas tut wuri handayani. Asas tut wuri handayani sangat memungkinkan dilaksanakan oleh guru dengan kepemimpinan yang demokratis. Dalam berbagai literatur dan perundangan tidak secara eksplisit dinyatakan bahwa kepemimpinan merupakan kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru, tetapi secara faktual  unsur  kepemimpinan guru turut serta  menentukan bagaimana peristiwa proses belajar-pembelajaran itu belangsung, oleh karena itu kompetensi kepemimpinan menjadi salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru. Model kepemimpinan dalam kegiatan belajar-pembelajaran seyogyanya disesuaikan tingkat kematangan siswa, serta dikombinasikan dengan sifat tugas dan hubungan kemanusiaan. Komponen siswa dipandang sebagai subyek dalam  peristiwa belajar-pembelajaran yang mengharuskan guru untuk menjadikannya sebagai dasar dalam merancang, melakukan, dan mengevaluasi. Dengan demikian guru akan dapat menjalankan kepemimpinan pembelajaran dengan baik.

References

Ahmadi, Abu. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Aministrasi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Bumi Perkasa.
Gorton, R.A. 1976. School Administration, Challege Opportunity for Leadership. Iowa: Wm C. Brown Company.
Soepardi. 1988. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: P2LPTK.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Purwanto, Ngalim. 1990. Adminstrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutisna, Oteng. 1993. Administrasi Pendidikan: dasar Teoritis dan Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.
Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali.
Published
2019-11-17
How to Cite
Sancaya, S. A., & Puspitarini, I. Y. D. (2019). Dimensi Kepemimpinan Dalam Kegiatan Belajar-Pembelajaran. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 362-370. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/38
Section
ARTIKEL PROSIDING