Project-Based Learning: Solusi Jitu Menanamkan Life Skill Mahasiswa UNP Kediri

  • Ridwan Yasin Setiawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diani Nurhajati Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: life skill, project based learning, speaking for informal communication

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 yang berpengaruh pada tuntutan kualitas sumber daya manusia. Di era pemanfaatan teknologi dan internet akan berpengaruh pada perilaku masyarakat khusunya generasi muda yang masih menempuh pendidikan. Pemerintah berupaya membekali generasi muda dengan kompetensi agar mampu bersaing ditingkat internasional. Kompetensi penting yang dapat membekali generasi muda untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu dengan menanamkam life skills yang dapat dilakukan oleh semua pengajar, termasuk dosen Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk  menjelaskan proses pemerolehan dan penananaman life skill mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran mata kuliah Speaking menggunakan Project-Based Learning. Hasil dari penelitian ini diperoleh temuan keterampilan life skill yang diperoleh mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah Speaking for Informal Communication meliputi (1) kecakapan mengenali diri (self-awareness) dan kecakapan pribadi (personal life), (2) kecakapan sosial (social skill), (3) kecakapan berpikir (thingking skill), (4) kecakapan akademik (academic skill), (5) kecakapan kejujuran (vocational skill) sesuai dengan langkah-langkah PjBL. Langkah-langkah PjBL yang meliputi tahap perencanaan ditemukan life skills berpikir kritis kreatif, dan mengenali potensi diri & potensi lingkungan, tahap penyusunan proyek ditemukan life skills meliputi mandiri & kreatif, tahap pelaksanaan proyek ditemukan life skills meliputi mandiri, kerjasama & kreatif, dan tahap evaluasi ditemukan life skills yang meliputi networking, open minded, percaya diri, communication skill, & tanggung jawab.

References

Bell, S. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.Taylor & Francis Group, LLC.
Brown, H. D. 1994. Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey: Practice Hall.
Creswell, John W. 2009. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches Third Edition. California: Sage Publications. Inc.
Davis,Kent.2000.Life Skill 4 Kids. Kdavis@Lifskills4Kids.com
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran
Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
I. Fragoulis .2009. Project-Based Learning in the Teaching of English as A Foreign Language in Greek Primary Schools: From Theory to Practice. Greece: University of Ioannina.English Language Teaching. Vol. 2 Journal. 2009.
Lewis, C.(2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia.PA: Research for Better School.
Mindari, R. 2019. Enhancing Higher Order Thinking Skills in Young Learner’s Classroom. The 5th ELTT
Nurhajati, D.2018.Creating Vlog As The Learning Outcome To Teach Speaking. The 12th Bicole International Conference Proceedings. Bandung: ITB.
Winda, R. 2018. The Lecturer’s Roles To Teach Speaking Using Project-Based Learning To The Students Of University Of Nusantara Pgri Kediri. Kediri: UNP
WHO. 1999. Partners In Life Skills Education. Conclusions From A United Nations Inter-Agency Meeting. Geneva, WHO, 1999 (Who/Mnh/Mhp/99.2).
Published
2019-11-16
How to Cite
Setiawan, R. Y., & Nurhajati, D. (2019). Project-Based Learning: Solusi Jitu Menanamkan Life Skill Mahasiswa UNP Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 356-361. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/37
Section
ARTIKEL PROSIDING