Penggunaan Pendekatan RME Berbantuan Media Schoology Untuk Menganalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

  • Eva Ajeng Karminingtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: kemampuan, komunikasi matematis, media, RME, shoology

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran RME dengan bantuan media Schoology. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran RME dengan bantuan media Schoology. Tahap penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap analisis data. Pada tahap persiapan yang dilakukan adalah membuat rencana penelitian diantaranya yaitu membuat proposal penelitian, menentukan tempat penelitian, menyiapkan instrumen penelitian. Pada tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh peneliti adalah melakukan pembelajaran di kelas menggunakan media Schoology, memberikan tes berupa soal sistem persamaan linier tiga variabel yang diakses melalui Schoology, kemudian melakukan wawancara pada subjek yang telah dipilih oleh peneliti. Pada tahap analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah menganalisis data yang telah diperoleh yaitu berupa data hasil tes dan wawancara yang kemudian akan ditulis menjadi laporan penelitian.

References

Amaliah, U.S., & Afriansyah, E.A. 2018. Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapat Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Musharofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6: 207-216. https://journal.instituspendidikan.ac.id/index.php/musharafa
Arda S,S., & Darsikin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-journal Mitra Sains, 3: 69-77. https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains
Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A.I. 2018. Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Inofatif, 1: 1087-1094. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5: 1-13. http://ejournal.radenintan.ac.id
Chotimah, S. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Didaktik, 9: 26–32. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id
Hima, L. R. 2018. Penggunaan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik dan Reasoning Habit Siswa. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 1: 52–57. https://journal.unusida.ac.id
Hima, L. R. 2019. Changing in Mathematical Identity of Elementary School Students Through Group Learning Activities. International Electronic Journal of Elementary Education, 11: 461–469. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE
Hodiyanto, H. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7: 9–18. http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika, 17: 1–12. https://ejournal.unisba.ac.id
Murni, C. K., & Rina Harimurti. 2016. Pengaruh E-learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X TKJ 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo. Jurnal IT-Edu, 1: 86–90. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Nisyak, R., Trapsilasiwi, D., Fatahillah, A., & Susanto. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Shoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9: 155–164. https://jurnal.unej.ac.id
Rahmadianto, E. 2016. Pemanfaatan Schoology Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Jaringan Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu,1: 82–87. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Sugandi, A. I., & Bernard, M. 2018. Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4: 172–178. http://journal.uinsgd.ac.id
Syamsudin, N., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cariu pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1: 313–324. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id
Published
2019-11-16
How to Cite
Karminingtyas, E. A. (2019). Penggunaan Pendekatan RME Berbantuan Media Schoology Untuk Menganalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 339-343. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/35
Section
ARTIKEL PROSIDING