Etnomatematika Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji Pada Industri Rumah Tangga di Kecamatan Pace

  • Camelia Wahyu Perdani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Darsono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: etnomatematika, kerupuk rambak kanji, industri rumah tangga

Abstract

Etnomatematika adalah ilmu matematika yang muncul sebagai akibat dari suatu kegiatan yang ada di lingkungan sekitar kita yang dipengaruhi oleh keanekaragaman budaya. Dengan lahirnya etnomatematika, masyarakat serta peserta didik dapat mengetahui keberadaan matematika sebagai suatu ilmu yang bukan hanya berlangsung di kelas semata. Maka, unsur matematis yang terdapat dalam berbagai macam kebudayaan masyarakat perlu digali dan dipahami sehingga lebih memudahkan peserta didik untuk mengenal matematika terutama dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematis dalam pembuatan krecek kerupuk rambak kanji pada industri rumah tangga dari sudut pandang etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1)operasi bilangan, (2)konsep geometri, (3)perbandingan, serta (4)alat ukur satuan massa atau berat dalam proses pembuatannya. Peneliti terinspirasi untuk mengungkap unsur-unsur matematis yang ada pada pembuatan krecek kerupuk rambak kanji pada industri rumah tangga yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, untuk mengembangkan keilmuan dalam matematika dan tentu saja dapat membuat peserta didik ataupun masyarakat lebih memahami bagaimana kehidupan sehari-hari mereka yang berhubungan erat dengan matematika.

References

Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. (February), 44–48.
Amertaningtyas, D. (2011). Pengolahan Kerupuk Rambak Kulit di Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 21(3), 18–29.
Hajar, Siti., Studi, P., Pembangunan, E., Ekonomi, F., Umar, U. T., & Barat, A. (2015). ANALISIS PENDAPATAN USAHA HOME INDUSTRI. 1–63.
Hartoyo, Agung. 2012. Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikaan 13 (1), 14-23.
Koentjaraningrat. 1986. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : PT. Aksara Baru
Munawwaroh, Izzatul. 2016. Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli yang Dilakukan Pedagang Sayur dalam Masyarakat Madura di Paiton Probolinggo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jember: FKIP Universitas Jember
Nuh, M. Z. & Dardidi. 2016. Etnomatematika dalam Sistem Pembilang pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19 (2). 220-28.
Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi, IV(1), 21–31.
Rachmawati, I., Matematika, P. S., Surabaya, U. N., & Timur, J. (n.d.). Esplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. (18).
Rizkika., Nurul (2017). Pengembangan Usaha Home Industri Air Kerawang Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, (6), 67–72.
Undang-Undang No. 9 Tahun 1995 tentang pengertian usaha kecil. (Online), tersedia:https://www.google.com/search?q=uu+no+9+thn+1995&oq=uu+no+9+thn+1995&aqs=chrome..69i57.6312j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8, diunduh 18 Mei 2019
Published
2019-11-16
How to Cite
Perdani, C. W., & Darsono, D. (2019). Etnomatematika Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji Pada Industri Rumah Tangga di Kecamatan Pace. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 333-338. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/34
Section
ARTIKEL PROSIDING