Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi

  • Ahmad Sahal Fuadi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Anas Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: evaluasi, CIPP, kurikulum, K13

Abstract

Kurikulum digunakan untuk persiapan pembelajaran dalam keseluruhan   rangkaian pembelajaran, yang artinya kurikulum digunakan sebagai penentu proses dan hasil pendidikan. Hal itu dapat berarti bahwa kurikulum adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan dunia pendidikan. Demi mencapai kesuksesan tersebut, maka perubahan kurikulum ini harus ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Wujud tindak lanjut dari perubahan kurikulum yang terjadi ialah evaluasi. Proses penyediaan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan merupakan pengertian dari evaluasi. Evaluasi dalam dunia pendidikan berfungsi sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian suatu program dalam pelaksanaannya. Terdapat berbagai model yang digunakan dalam evaluasi, salah satunya ialah model CIPP. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan selama ini menunjukkan bahwa komponen yang digunakan sebagai dasar penilaian evaluasi CIPP tidaklah selalu sama. Dengan kata lain, meskipun program yang dievaluasi sejenis yaitu sama-sama mngevaluasi kurikulum tetapi komponen yang digunakan tidak sama secara menyeluruh di tiap aspeknya.

References

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Safruddin. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Fadillah,M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Ihsanudin, Muhammad dan Mutaqin. 2016. “Evaluasi Program Ekstrakurikuler Program Keahlian Di SMK Muhammadiyah Prambanan”. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta. Vol.6 (2), hal:47-60.
Karatas, Hakan. 2009. “Evaluation English Curriculum at Yildiz Technical University Using CIPP”. Education and Science. Vol. 34. No 153.
Mahmudi, Ihwan. 2011. “CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 6 (1)
Mohebbia, Nooshin. Akhlaghib, Faezeh.Yarmohammadianc, Mohammad Hossein. Khoshgamd, Masumeh. 2011. “Application of CIPP model for evaluating the medical records education course at master of science level at Iranian medical sciences universities”. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.15, hal : 3286–3290
Owen, John M. 1993. Program Evaluasi: Forms and Approaches. St. Leonards: Allen & Unwin Pty Ltd.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tentang Silabus Kurikulum 2013. 2013. Jakarta.
Phattharayuttawat, dkk. 2009. “An evaluation of the Curriculum of a Graduate Programme in Clinical Psychology”. Journal of Medical Educatio. Vol. 3 no. 1.
Poerwati, Loeloek Endah dan Amir, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta
Prastowo, A. 2012, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Sangadji, Kapraja. 2014. “Evaluasi Model CIPP untuk Evaluasi Pengembangan KTSP Pada Jenjang Pendidikan Persekolahan”. Jurnal Biology Science & Education. Vol. 3 no 1 . edisi jan-jun 2014.
Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J. Shinkfield. 1986. Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Sukajaya, I Nyoman. 2010. “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikas di Jenjang SMAN di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 43 (1) : hlm 1 - 72
Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Published
2019-11-16
How to Cite
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 316-324. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/32
Section
ARTIKEL PROSIDING