Pengembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Sapiring Dua Piring

  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: sosial anak usia dini, permainan tradisional sapiring dua piring

Abstract

Aspek perkembangan sosial pada anak adalah salah satu perkembangan yang perlu distimulasi karena dapat mempengaruhi kehidupan anak dimasa depannya dimana anak berinteraksi terhadap lingkungan sekitarnya, baik lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Salah satu pengaruh dari ketidakmampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya adalah mengalami ganguan perilaku antisosial, terdapat tiga perilaku anti sosial pada anak yang sering ditemukan yakni: ketidakpatuhan, temper tantum dan agresif. Perkembangan sosial dikembangkan oleh anak ketika bermain. Aktivitas bermain merupakan media bersosialisasi, melalui bermain interaksi sosial anak usia dini dimulai dengan bermain sendiri kemudian dilanjutkan bermain bersama. Oleh sebab itu, anak yang sering bermain akan lebih mudah menerima dalam berinteraksi dengan orang lain. Ada permainan tradisional dan permianan modern, pada permainan tradisional mempunyai ciri khas yaitu bermainnya membutuhkan tatap muka antar pemain, memerlukan banyak gerak dan dilakukan bersama-sama. Sehingga dapat diketahui tentang permainan tradisional hasilnya mampu mengembangkan bersosial sebagai kemampuan yanh harus dikuasai, motorik, kreativitas dan kerjasama. Permainan tradisional dapat digunakan oleh guru Taman Kanak-kanak maupun orangtua upaya  dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini, dengan permainan tradisional yang akhirnya membantu meningkatkan aspek perkembangan sosial pada seorang anak yaitu permainan tradisional sapiring dua piring. Peranan permainan sapiring dua piring dalam mengembangkan sosial anak terlihat pada : keterampilan bisa bekerjasama, keterampilan menyesuaikan diri, ketampilan berinteraksi, keterampilan mampu mengontrol dirinya, keterampilan berempati, keterampilan mentaati aturan dan keterampilan terkait bisa menghargai orang lain. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah melestarikan permainan tradisional sepiring dua piring dan menelaah permainan tradisonal untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini.

References

Adhani, Dwi W dan Hidayah, Inmas T. 2014. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melaui Permianan Tradisional Ular-Ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol.1, 2 :76-142.
Baharuddin. 2014. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta : ARRuzz Media
Kurniati, Euis. 2017. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak (Panduan Praktis bagi Guru TK/PAUD, SD Serta Orangtua). Jakarta: Kencana.
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Luxima Metro Media.
Mahardika, Esti Kurniawati. 2014. Peningkatan Perilaku Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional Jawa. Jurnal Pendidikan Usia Dini.Vol.8, 2: 257-268.
Mayar, Farida. 2013.Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’Lim Jilid I, 6 : 459-464.
Musfiroh, T. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : PT. Grasindo
Mulyadi, Seto. 2004. Bermaian dan Kreativitas Anak. Jakarta : Papas Sinar Sinanti.
Setiawan, H.M.Y. 2016. Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permaian Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.4 :1-8.
Sujiono, Yuliani. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks
Sofyan, Hendra. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. Infomedika.
Yusuf, S. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiyani, Novan A. 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Panduan bagi Orangtua dan Pendidik PAUD. Yogyakarta : AR-Ruzz Media
Published
2019-11-15
How to Cite
Iswantiningtyas, V. (2019). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Sapiring Dua Piring. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 288-295. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/29
Section
ARTIKEL PROSIDING