Analisis Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Soal Matematika Diskrit

  • Siti Rochana Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Proses Berpikir, Matematika Diskrit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan soal soal matematika diskrit. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalalah mahasiswa program studi teknik informatika yang sudah menempuh mata kuliah matematika diskrit. Mahasiswa sebanyak tiga orang tersebut masing masing memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada tes tertulis dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan hasil tes tertulis digunakan metode triangulasi waktu, dimana di waktu yang berbeda diberikan soal dengan karakter yang sama. Dari hasil penelitian tersebut, masing masing memperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa dengan kemampuan rendah memiliki proses berpikir komputasional. Mahasiswa dengan kemampuan sedang memiliki proses berpikir semi konseptual. Mahasiswa dengan kemampuan tinggi memiliki proses berpikir yang konseptual. 

References

Miles & Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Ahmadi, H. A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, H. A., & Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar (III ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zuhri, D. 1998. Proses Berpikir Siswa Kelas II SMP Negeri 16 Pekanbaru dalam menyelesaikan soal-soal Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Tesis, tidak dipublikasikan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Rochana, S & Mahidiyah, U. 2018. Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan soal Kalkulus. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 6: 83-89
Published
2019-11-15
How to Cite
Rochana, S. (2019). Analisis Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Soal Matematika Diskrit. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 268-271. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/27
Section
ARTIKEL PROSIDING