Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan Terhadap Keterampilan Berpikir Analitiis Teks Deskriptif Siswa Kelas IV SD

  • Rizka nur Oktaviani STKIP Bina Insan Mandiri
  • Putri Kurnianingtyas STKIP Bina Insan Mandiri
Keywords: Penggunaan buku penunjang tematik terpadu, Tema Indahnya Kebersamaan, Keterampilan Berpikir Analisis, Teks Deskriptif

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir analisis teks deskriptif karena buku teks yang digunakan siswa materinya tidak lengkap.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh dari penggunaan buku penunjang tematik terpadu tema indahnya kebersamaan terhadap keterampilan berikir analisis teks deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas IV SD Hidayatul Mubtadiin. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa sebagai kelas kontrol yaitu IVA sedangkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa.  Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test untuk menguji hipotesis yang diajukan. Perhitungan analisis data dalam penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan uji t-test adalah nilai sig.(2tailed) adalah 0,000 < 0,05. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir analisis teks deskriptif siswa antara pembelajaran yang menggunakan buku penunjang tematik terpadu dengan pembelajaran yang menggunakan buku teks K13. Dari hasil posttest dan observasi yang dilakukan terbukti bahwa rata-rata nilai yang diperoleh di kelas yang meggunakan buku penunjang tematik terpadu lebih tinggi daripada di kelas yang menggunakan buku teks K13. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku penjunjang teamtik terpadu tema indahnya kebersamaan berpengaruh efektif terhadap kemampuan berpikir analisis teks deskriptif siswa kelas IV SD Hidayatul Mubtadiin.

References

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., et al. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. White Plains, NY: Longman.
Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Lentera Cendekia
Fajar, Ibnu. 2013. Pembelajaran Kurikulum 2013 Menggunakan Saintific. (Online). (ibnufajar75.wordpress.com). Accesed On September 25th 2019
Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Grasindo.
Kasmadi & Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Marini, M. R. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Artikel Ilmiah, 1–10.
Maviro. 2017. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS Di Kelas MIN Lamboro Aceh Besar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Darussalam Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Nicholl, M., & Rose, C. 2002. Accelerated Learning. Bandung: Nuansa.
Robbins, J. K. 2011. Problem solving, reasoning, and analytical thinking in a classroom environment. The Behavior Analyst Today, 12(1), 41. Joseph D. Cautilli.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. 2016. The Effectiveness of CBL Model to Improve Analytical Thinking Skills the Students of Sport Science. International Education Studies, 9(4), 195.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2010. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta
Wagner, T. 2008. The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don’t Teach the New Survival Skills Our Children Need--And What We Can Do About It. American Education.
Published
2019-11-15
How to Cite
Oktaviani, R. nur, & Kurnianingtyas, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang Tematik Terpadu Tema Indahnya Kebersamaan Terhadap Keterampilan Berpikir Analitiis Teks Deskriptif Siswa Kelas IV SD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 254-267. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/26
Section
ARTIKEL PROSIDING