Tingkat Kesalahan Penulisan Pada Teks Percakapan Peserta Didik Kelas VI SDN Patebon

  • Nur Aini Saura Putri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri
  • Rizka Nur Oktaviani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri
  • Endah Wening Subekti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri
Keywords: kesalahan penulisan, teks percakapan, sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan pada teks percakapan siswa kelas VI SDN Patebon Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Adapun kesalahan pada penulisan teks percakapan adalah a) penulisan kata, b) pemakaian tanda baca, dan c) penggunaan huruf kapital. Subyek penelitian ini siswa kelas VI SDN Patebon yang berjumlah 29 teks percakapan. Sementara itu, objek penelitian ini adalah penggunaan ejaan penulisan kata dan pemakaian tanda baca. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu memberikan tugas kepada siswa kelas VI untuk menulis teks percakapan dengan tema yang sudah ditentukan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan human instrument. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan beberapa tahapan diantaranya menemukan kesalahan-kesalahan pada penulisan teks percakapan, lalu mengklasifikasikan data sesuai dengan 3 kesalahan penulisan yaitu kesalahan penulisan kata, pemakaian tanda baca dan penggunaan huruf kapital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 teks percakapan tingkat kesalahan pada penulisan kata sebesar 5% masuk dalam kreteria sangat baik, sedangkan tingkat kesalahan pada pemakaian tanda baca sebesar 31% masuk kreteria baik. Sementara itu tingkat kesalahan pada penggunaan huruf kapital sebesar 34% masuk dalam kreteria baik.

References

Abdul Chaer. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Ameliola, S. & Nugraha, D. (Year) Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap anak dalam Era Global. In: Prosiding the 5th international conference on Indonesian studies: Ethnicity dan Globalitation, 2013.
Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Hodijah & Cahyani. 2008. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press
Maleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslicha, Masnur. 2010. Garis-garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Malang: Refika Aditama.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Published
2019-11-15
How to Cite
Putri, N. A. S., Oktaviani, R. N., & Subekti, E. W. (2019). Tingkat Kesalahan Penulisan Pada Teks Percakapan Peserta Didik Kelas VI SDN Patebon. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 240-253. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/25
Section
ARTIKEL PROSIDING