Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng Anak Melalui Teknik Semiterpimpin Mahasiswa S1 PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun Ajaran 2018/2019

  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: peningkatan, menulis dongeng, semiterpimpin, mahasiswa

Abstract

Menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) seharusnya memiliki bekal menulis untuk membelajarkan literasi (membaca dan menulis) di tempat mereka mengajar nanti. Jadi, mahasiswa harus mampu membuat tulisan yang baik untuk mendukung aktivitas keilmunannya. Penelitian ini menggunakan teknik menulis semiterpimpin. Teknik ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dongeng anak. Pembimbingan dilakukan mulai dari tahap penulisan draft, revisi, hingga publikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 1 PGSD Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik menulis semiterpimpin dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng oleh mahasiswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kemampuan awal mahasiswa sebesar 64,52 dari KKM 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1, terjadi kenaikan nilai rata-rata mahasiswa menjadi 68,2. Setelah dilakukan langkah perbaikan pada siklus 2, nilai rata-rata mahasiswa dari siklus 1 sebesar 68,2 naik menjadi 76,89. Nilai KKM pada siklus 1 sebesar 54,26% naik pada siklus 2 sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik menulis semiterpimpin berhasil meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa S1 PGSD UNP Kediri.

References

Akhadiah, S. Maidar, G.A., & Sakura, H.R. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Akhadiah, S. 1997. Menulis 1. Jakarta: Depdikbud.
Bruning, Roger H, et al. 2004. Cognitive Psychology and Instruction. NJ: Pearson.
Kemmis S. dan Mc Taggart, R. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Moleong, Lexy J. 1995. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Parera, Jos D. & Tasai. 1995. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit.
Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-Dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: IKIP Malang.
Rose, Colin. 2002. Accelerated Learning for 21 St Century. New York: Delacorte Press.
Tarigan, Henry G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tomskin, Gail E. 1994. Teaching Writing, Balancing Process and Product, Second Edition. New york: Macmillan Collage Publishing Company, Inc.
Bavel, R.K. 2010. The Effect Of Academic Optimism On Student Academic Achievement In Alabamma. Unpublished Dissertation. Tuscaloosa: University of Alabamma.
Widyamartaya, A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
Published
2019-11-15
How to Cite
Kurnia, I., & Damayanti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng Anak Melalui Teknik Semiterpimpin Mahasiswa S1 PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 222-231. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/23
Section
ARTIKEL PROSIDING