Evaluasi Program Keterampilan Kewirausahaan Melalui Praktik Bisnis Inovatif

  • Ihsana El Khuluqo Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Abdurrahman A Ghani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: kewirausahaan, praktek bisnis, dan inovatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas pelaksanaan program ketrampilan kewirausahaan bagi mahasiswa Madrasah Aliyah (MA) melalui praktik bisnis yang inovatif. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi pemahaman program keterampilan kewirausahaan melalui praktek bisnis yang inovatif di MA dan mendukung dan menghambat elemen dalam pelaksanaan praktek bisnis di MA dalam persaingan global membutuhkan Kesiapan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan daya saing. Program ketrampilan kewirausahaan di Madrasah Pendidikan Madrasah Aliyah harus diterapkan ke seluruh sekolah Madrasah Aliyah sehingga menghasilkan kaum muda dengan kepribadian kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan berdasarkan nilai budaya dan karakter nasional merupakan salah satu aspek penting dan strategis untuk meningkatkan daya saing. Studi ini mengambil data dari tiga informan, yaitu; Perwakilan MA dari kurikulum, guru kewirausahaan, dan mahasiswa. Metode ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan digunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah praktik bisnis inovatif yang telah dikelola dengan baik oleh semua siswa sebagai tempat praktek bisnis. Program ketrampilan kewirausahaan melalui praktek bisnis mampu menumbuhkan semangat kewirausahaan pada siswa. Saran penelitian berikutnya adalah bahwa pemerintah melalui Departemen Pendidikan harus memberikan dukungan atau dukungan Fasilitas untuk pengembangan praktek bisnis yang inovatif di MA, sekolah perlu mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain, guru dan karyawan harus menjadi contoh dalam memanfaatkan pusat bisnis dengan melakukan praktek bisnis, kurikulum kewirausahaan perlu disesuaikan dengan perkembangan dalam dunia bisnis.

References

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan
Penelitian Kualitatif dalam berbagai Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers
Haris Herdiansyah. 2015. Wawancara, Observasi, Focus Groups sebagai Instrumen
Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Hendro Santono. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Leonardus Saiman. 2015. Kewirausahaan Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Lexy Maleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Sudarto. 2006. Menyalurkan Lulusan Melalui Bursa Kerja Khusus. Solo: Majalah Didik, Edisi 04/ Th.1/November.
Sudira .2009. Tantangan Guru SMK Abad 21 Direktorat Jenderal Pendidikan
Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Tantangan Guru SMK Abad 21.
Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, dan Doug Wilson. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empatian
Published
2019-11-14
How to Cite
Khuluqo, I. E., & Ghani, A. A. (2019). Evaluasi Program Keterampilan Kewirausahaan Melalui Praktik Bisnis Inovatif. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 212-221. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/22
Section
ARTIKEL PROSIDING