Kajian Dekonstruksi Dongeng-Dongeng Nusantara

  • Dian Purnama Sari STKIP Bina Insan Mandiri
Keywords: dekonstruksi, dongeng

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengeksposisi kesadaran masyarakat terhadap esensi dongeng yang mereka serap selama ini serta  merepresentasikan dongeng sebagai media penanam nilai-nilai hidup dalam wacana dekonstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pustaka dengan jenis kualitatif deskriptif. Peneliti akan memanfaatkan berbagai sumber dalam mengumpulkan data penelitian, baik secara digital maupun manual misalnya internet, youtube, maupun penelusuran pustaka. Peneliti juga melakukan diskusi dengan pakar sastra untuk mengolaborasikan ide dan menelaah tentang dekonstruksi terhadap dongeng secara lebih mendalam.

Hasil dalam penelitian adalah setiap dongeng berpotensi untuk didekonstruksi. Dongeng turun-temurun dipercaya, dimaknai sesuai konstruksi masyarakat yang berlaku, banyak versi, dan oleh sebab itu unsur subjetivitas dalam pemaknaan dongeng sangat tinggi. Hal tersebut tidak hanya dapat ditemukan dalam dongeng asli Indonesia, tetapi juga dongeng-dongeng serapan yang masuk dan diadopsi oleh masyarakat.

References

Davids, Howard. 2010. Bahasa, Citra, Media. Yogyakarta: Jalasutra.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.
Norris, Christopher. 2017. Membongkar Teori Dekonstruksi Jacques Derrida. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pradopo, Rachmad Djoko. 2007. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Samarin, William, J. Ilmu Bahasa Lapangan. Yogyakarta: Kanisius.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Published
2019-11-14
How to Cite
Sari, D. P. (2019). Kajian Dekonstruksi Dongeng-Dongeng Nusantara. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 207-211. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/21
Section
ARTIKEL PROSIDING