Penerapan “Living Values Education” Melalui Lesson Study di Truong Quyen Primay School Vietnam

  • Arina Restian
  • Erna Yayuk Universitas Muhammadyah Malang
  • Dyah Worowirastri Ekowati Universitas Muhammadyah Malang
Keywords: Lesson Study, Living Values, Vietnam

Abstract

Melatar belakangi penelitian  pendidikan di Vietnam adalah berbicara tentang kualtitas pendidikan peserta didik di Luar Negeri, yang perlu diperhatikan proses pembelajarannya dari segi kualitas dan kuantitas peserta didik. Proses pembelajaran haruslah bersifat menyenangkan, kreatif, bermakna dan berkualitas, salah satunya pendidik tidak hanya memberikan materi dari kegiatan awal, inti dan akhir namun “bagaimana peserta didik belajar”. Oleh karena itulah pentingnya membenahi benih-benih awal terlebih dahulu tentang pentingnya pengalaman belajar. Pendekatan  lesson  study  Di Truong Quyen Primay School Vietnam merupakan proses plan, do, see dan evaluasi yang sangat penting yang harus dievaluasi pendidik untuk mengetahui keefektifan suatu proses pembelajaran guna peningkatan kualitas dan kuantitas peserta didik, namun pendidikan di sekolah Truong Quyen Primay School Vietnam sangatlah lebih maju dari Indonesia, karakter disiplin sangat dijunjung tinggi . Peserta didik memiliki keberagaman dalam tingkatan proses pembelajaran dan merubah gaya belajar yang lebih efektif dan interaktif. Peserta didik tidak akan bosan pada pembelajaran apapun, justru paradigma peserta didik menjadi kritis dan bermakna dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu solusi dari sistem proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan secara signifikan pada keefektifan dari peserta didik supaya proses pembelajaran dengan pendekatan lesson study. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dapat diambil 1) Apa itu Lesson Study 2) Bagaimana Implementasi Lesson Study untuk melahirkan generasi yang berkualitas dan berkuantitas di Negara Vietnam.

Penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan berperan sebagai instrumen kunci dalam menangkap makna  dan sekaligus alat pengumpul data. Data diperoleh dari data primer dan sekunder, melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan 1) Perencanaan Lesson Study dari tahapan Plan (Guru dan guru model merencanakan pelaksanaan meliputi Peta Konsep Pembelajaran), Do (Pelaksanaan Guru model mengajar – siswa & guru belajar) mengenalkan pembelajaran menggunakan budaya nusantara Indonesia melalui mapel matematika , See (Guru yang lain sebagai observer memberi masukan terhadap evaluasi proses pembelajaran)  dengan Guru Giao Thura Cung Gia Dinh 2) Implementasi Leasson Study untuk melahirkan generasi yang berkualitas dan berkuantitas Plan Guru menyiapkan rancangan pembelajaran dan dengan berdiskusi dengan teman guru lainnya, Do Pelaksanaan Guru Giao Thura Cung Gia Dinh, dan  model Bu Dyah terhadap proses pembelajaran yang berkualitas dan berkuantitas ““Saya ingin menjawab bu, saya sangat suka dengan pembelajaran ini” kata siswa bernama nguyen dalam bahasa vietnam (Tôi muốn trả lời thưa bà, tôi thực sự thích cách học này)” serta evaluasi See yang meriview proses pembelajaran yang efektif dan efisien). Berdasarkan upaya tersebut dapat  memberikan solusi yang lebih bermakna dan menyenangkan pada sistem pendidikan di Vietnam sebagai penyelenggara pendidikan yang berkualitas, dan karakternya dijunjung tinggi.

References

Akhsanul An’am. 2009, Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi, Jurnal Vol 12 No.1 Edisi Jan-Juni.
Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Budi, Putu A. 2007. Pgembangan Profesionalisme Guru dalam Bidang Pembelajaran Melalui Lesson Study, Jurnal Pendidikan & Pengajaran.
Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States? Online: sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Depdiknas. “Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005- 2009”.
Tersedia pada: http://www. ktsp.diknas.co.id/ktsp sd/ppt3.
Joni, T. Raka. 2005.Resureksi Pendidikan Profesional Guru. Malang: LP3 UM-Cakrawala Indonesia.
J.M Tedjawati. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Lesson Study Kasus di Kabupaten Bantul. Jakarta. Jurnal Vol.17 no.4.
JICA. 2009. Panduan Untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Japan
Lewis. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Intructional. Philadelphia. PA: Research for Better Schools.
Learning Assistance Program for Islamic Schools. 2009. Materi Workshop Penguatan Kapasitas Dosen. Surabaya: Australian Government.
Published
2019-11-14
How to Cite
Restian, A., Yayuk, E., & Ekowati, D. W. (2019). Penerapan “Living Values Education” Melalui Lesson Study di Truong Quyen Primay School Vietnam. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 173-192. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/18
Section
ARTIKEL PROSIDING