Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Menyongsong Sociaty 5.0

  • Ana Rokhmawati STKIP PGRI Lumajang
  • Puji Savvy Dian Faizati STKIP PGRI Lumajang
Keywords: motivasi belajar, pembelajaran berbasis proyek, sociaty 5.0

Abstract

Sociaty 5.0 merupakan integrasi antara kehidupan dunia nyata dan dunia maya. Manusia sebagai komponen utama dalam menggunakan teknologi modern untuk memenuhi kebutuhan. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnya serta untuk menghasilkan suatu produk yang bernilai. Dengan adanya sumber belajar yang luas di dunia maya seharusnya menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk belajar lebih efektif. Namun, mayoritas mahasiswa STKIP PGRI Lumajang melakukan copy-paste sumber pustaka di internet dalam menyelesaikan tugas perkuliahan dan kurang menganalisis sumber pustaka tersebut secara mendalam. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa STKIP PGRI Lumajang masih rendah meskipun sudah menggunakan sumber belajar yang canggih yaitu internet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek menyongsong sociaty 5.0. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan data hasil angket, motivasi belajar mahasiswa STKIP PGRI Lumajang program studi Pendidikan Matematika angkatan 2016 dalam pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan sumber belajar dari internet menunjukkan peningkatan. Rata-rata skor motivasi belajar mahasiswa yaitu 4,2 dan 4,3 dengan kategori baik. Demikian juga dengan hasil observasi saat proses pembelajaran berbasis proyek menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa dalam kategori baik.

References

Knirk, F.G. & Gustafson. 1986. Instructional Technology, A Systematic Approach to Education. New York: Hlt Rinehart and Winston.
Susilo, Herawati. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Banyumedia Publishing.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Handhika, Jeffry. 2011. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dan Pembentukan Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study 4, FMIPA UM, Malang, 12 November.
Rokhmawati, Ana. 2011. Implementasi Praktek Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study 4, FMIPA UM, Malang, 12 November.
Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. 2008. Lesson Study (Study Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTTEMS-JICA di Kabupaten Pasuruan-Jawa Timur (2006-2008). Malang: FMIPA UM.
Susilo, Herawati. 2010. Lesson Study Berbasis MGMP Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru. Malang: Surya Pena Gemilang.
Ibrohim. 2009. Pengaruh Model Implementasi Lesson Study dalam Kegiatan MGMP terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Suwono, Hadi, Herawati Susilo. 2011. Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Metode Penelitian. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study FMIPA UM, Malang, 12 November.
Tasiwan, dkk. 2014. Analisis Tingkat Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Model Advance Organizer Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), Vol. 3, No. 1, Hal. 43-50, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii diakses 1 Juni 2016).
Agustina, Ike Safitri, dkk. 2011. Perbaikan Pembelajaran Melalui PPL Berbasis Lesson Study Berdampak pada Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study 4, FMIPA UM, Malang, 12 November.
Sumartono, dkk. 2011. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Kegiatan LSBS Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo Pasuruan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study 4, FMIPA UM, Malang, 12 November.
Hayati, M.N., dkk. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SMK dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), Vol. 2, No. 1, Hal. 53-58, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii diakses 1 Juni 2016).
Rofieq, Ainur, dkk. 2019. Project-based learning: Improving students’ activity and comprehension through lesson study in senior high school. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, (Online), Vol. 5, No. 1, Hal 41-50, (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/7456 diakses 15 April 2019)
Published
2019-11-13
How to Cite
Rokhmawati, A., & Faizati, P. S. D. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Menyongsong Sociaty 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 165-172. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/17
Section
ARTIKEL PROSIDING