Peningkatan Keberanian Observasi Mahasiswa Melalui Lesson Study di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Nusantara PGRI Kediri

  • Sigit Widiatmoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nara Setya Wiratama
  • Siska Nurazizah Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: observasi, keberanian observasi, lesson study, pendidikan sejarah

Abstract

Observasi merupakan suatu kegiatan melihat, kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kegiatan observasi membutuhkan sebuah keberanian dari mahasiswa untuk mengungkapkan apa yang dilihat, dirasakan dan didengar. Kompetensi keberanian dalam observasi sangat dibutuhkan khususnya pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah. Melalui Lesson Study, mahasiswa diharapkan lebih berani dalam kegiatan observasi di setiap penulisan maupun penelitiannya. Pelaksanaan Lesson Study melibatkan tiga dosen, satu dosen sebagai model dua sebagai observer. Lesson Study mencakup tiga tahap yang merupakan satu rangkaian yaitu Plan, Do, dan See. Dalam tahap Plan dilakukan diskusi mengkaji perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh dosen model. Tahap Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar perencanaan pembelajaran hasil Plan. Terakhir tahap See dilakukan refleksi untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran untuk menemukan kelebihan dan kelemahan guna ditindak lanjuti pada pembelajaran berikutnya. Lesson Study dilaksakan delapan kali open class untuk satu dosen model. Hasil akhir menunjukkan bahwa pelaksanaan Lesson Study dapat: 1) meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah Observasi, 2) meningkatkan suasana pembelajaran lebih hidup dan kreatif, dan 3) meningkatkan kerjasama antar mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa keberanian observasi mahasiswa meningkat dan berdampak pada proses

References

Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study : suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press
Ibrahim, dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susilo, H., Chotimah, H., Joharmawan, R., Jumiati, Dwitasari, Y,. Sunarjo. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru Inofatif. Malang: Bayumedia.
Suminarsih.2008. PAKEM (Pembelajaran Afektif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.Semarang : LPMP Jawa Tengah
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
2019-10-30
How to Cite
Widiatmoko, S., Wiratama, N. S., & Lestari, S. N. (2019). Peningkatan Keberanian Observasi Mahasiswa Melalui Lesson Study di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Nusantara PGRI Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 143-159. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/14
Section
ARTIKEL PROSIDING