Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Metode Seminar Socrates

  • Agus Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nur Salim Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yunita D. Pristiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Peni Setyawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: seminar socrates, keterlibatan siswa, berpikir tingkat tinggi

Abstract

Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran  dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sebagai salah satu  masalah penting saat ini. Studi ini mengeksplorasi efektivitas metode Seminar Socrates sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian tindakan kelas ini dipadukan dengan program Lesson Study dilakukan selama 3 minggu( 3 kali pertemuan). Subjek siswa SMAN 5 Kediri kelas XI. Hasil studi menunjukkan  metode Seminar Socrates dapat meningkatkan  keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan juga meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

References

Bariyah, Ikhtarotul dan Pierewan, Cilik Adi. (n.d.). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-8.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School Engagement : Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/00346543074001059
Jang, H., & Deci, E. L. (2010). Engaging Students in Learning Activities : It Is Not Autonomy Support or Structure but Autonomy Support and Structure. Journal of Educational Psychology, 102(3), 588–600. https://doi.org/10.1037/a0019682
Jensen, D. R. (2015). The Effectiveness of the Socratic Method in Developing Critical Thinking Skills in English Language Learners. Presented to the Faculty of Grace University Graduate Teacher Education In Partial Fulfillment of The Requirements for the Degree of Master of Science in Education. May 2015. https://eric.ed.gov/?id=ED557162
Dhamaryana, I.W., Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan Siswa ( Student Engagement ) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76–94.
Kemmis, Stephen and Robin McTaggart (eds.), 1988. The Action Research Planner. Victoria, Australia: Deakin University Press.
Marks, H. M. (2000). Student Engagement in Instructional Activity: Patterns in the Elementary, Middle, and High School Years American Educational Research Journal. https://doi.org/10.3102/00028312037001153
McKeown. (n.d). Socratic Seminar.The Coalition of Essential Schools and the National Paideia Center (n.d). https://en.calameo.com/books/003109662f862fdf03e5e
Paul, B. R., Elder, L., & English, W. (2008). Critical Thinking : The Art of Socratic Questioning, Part III. Journal Of Developmental Education, volume 31, issue 3. https://eric.ed.gov/?id=EJ832681
Sa’adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement ( Keterlibatan Siswa ) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati, Januari 2018, Volume 7 (Nomor 1), Halaman 69-75.
Yuliani, E.W., Primandiri, R.P, & Santoso. M.A. ( 2015). Implementation of Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials (LM) Through Lesson Study (LS) to Enhance Metacognition Skills, Inquiry Skill and Cognitive Learning Outcomes on Plantae Topic in Grade X5 SMAN 1 Mojo Kediri. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. 353-358.
Willms, J. D. (2000). Student Engagement At School A Sense Of Belonging And Participation. Organization For Economic Co-Operation And Development. Organization For Economic Co-Operation And Development. OECD 2003. http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33689437.pdf
Published
2019-10-30
How to Cite
Widodo, A., Salim, N., Pristiani, Y. D., & Setyawati, P. (2019). Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Metode Seminar Socrates. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 135-142. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/12
Section
ARTIKEL PROSIDING