Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Matakuliah SPT Melalui Metode Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study

  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, diskusi kelompok, lesson study

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program studi Pendidikan biologi . Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk esai dengan rubrik yang sudah dikembangkan oleh peneliti. Data dianalisis dengan menggunakan skala Green. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I kategori super dari 9,09% menjadi 45,45%, sedangkan untuk kategori ok turun dari 54,55% menjadi 27,27%, demikian juga kategori development turun dari 18,18% menjadi 9,09%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan diskusi kelompok berbasis lesson studi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

References

Djamarah dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Greenstein, Laura. 2012. Assesing 21st Century Skills A guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: A Sage Company
Nurmilawati dan Mukminin. 2019. Analisis Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Matakuliah Konsep Dasar IPA. Disampaikan dalam seminar Hayati 7 dengan tema Sinergi Biologi, Sains, dan Pembelajaran untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Oleh Proggram Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri Jawa Timur 21 September 2019.
Malahayati. 2015. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Metode Project Based Learning Berbasis Lesso Study. Konstruktivisme. Vol. 7, No. 1 Web: konstruktivisme. Unisbablitar.ejournal.web.id
Subiyanto. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Malang: IKIP Malang
Tim Dit. PSMP. 2019. Materi Finalisasi Orientasi Program
Pendampingan Sekolah Bermutu Berbasis Zonasi Melalui Lesson Study For Learning Community. Yogyakarta.
Zubaidah, (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dengan temaā€¯Isu-Isu Strategis pembelajaran MIPA Abad 21 oleh Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa sintang-Kalimantan Barat, 10 Desember 2016.
Published
2019-10-28
How to Cite
Nurmilawati, M., Sulistiono, S., & Rahmawati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Matakuliah SPT Melalui Metode Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 122-127. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/11
Section
ARTIKEL PROSIDING