Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi

  • Bayu Surindra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Efa Wahyu Prastyaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tri Ayatik SMK Negeri 2 Kediri
Keywords: lesson study, kualitas pembelajaran akuntansi

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu dilakukan perbaikan secara terus menerus, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran dapat dikatakan berkualitas jika dalam proses pembelajaran tersebut semua komponen yang terlibat didalamnya saling berkontribusi. Dimulai dari perangkat pembelajaran yang digunakan, metode maupun media yang digunakan, serta kesiapan guru dalam mengajar dengan karakteristik siswa yang beragam. Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran, dimana dengan implementasi lesson study sebelum dilakukan proses pembelajaran terlebih dahulu diidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran, menganalisis semua komponen sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta dapat mencapai tujuan akhir yang diharapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi melalui implementasi lesson study. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Secara umum dari penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan implementasi lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi. Sehingga implementasi lesson study dapat dikatakan mampu membuat proses pembelajaran akuntansi di SMK lebih bermakna dan memberikan pengalaman lebih terutama bagi guru dan siswa selama pembelajaran.

References

Farida, Anisatul. 2016. Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Matematika STMIK Duta bangsa Surakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika & Pendidikan Matematika. Vol.3, No.2, 17-24. http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/1249/904904957
Maria, Haratua Tiur S. Erwina Octavianty, Hamdani. 2011. Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Inti. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol 2, No 2, 40-49. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/2181/2120
Putri, Idra, Admazaki, Syahrul R. 2013. Pelaksanaan Lesson Study Dalam Pembelajarn Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol.1, No.1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5031/3983
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Rustanto, Yayan. 2019. Indonesia masih menghadapi masalah dalam pendidikan https://siedoo.com/berita-22005-indonesia-masih-menghadapi-masalah-dalam-pendidikan/)
Setyowati, Lestari. 2014. Implementasi Lesson Studi Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Di STKIP PGRI Pasuruan TA 2014-2015. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial. Vol.5, No.1, 55-65. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/21/19
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Wahyono, Poncojari, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Lesson Study pada Mata Kuliah Genetika Lanjut. JINOP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol.2, No.2, 400-206. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/3493/4266
Zubaidah, Siti. 2018. Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.01. https://www.researchgate.net/publication/332469989_MENGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGHADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1
Published
2019-10-28
How to Cite
Surindra, B., Irmayanti, E., Prastyaningtyas, E. W., & Ayatik, T. (2019). Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 111-121. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/10
Section
ARTIKEL PROSIDING