Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi
Abstract
Dalam proses pembelajaran perlu dilakukan perbaikan secara terus menerus, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran dapat dikatakan berkualitas jika dalam proses pembelajaran tersebut semua komponen yang terlibat didalamnya saling berkontribusi. Dimulai dari perangkat pembelajaran yang digunakan, metode maupun media yang digunakan, serta kesiapan guru dalam mengajar dengan karakteristik siswa yang beragam. Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran, dimana dengan implementasi lesson study sebelum dilakukan proses pembelajaran terlebih dahulu diidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran, menganalisis semua komponen sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta dapat mencapai tujuan akhir yang diharapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi melalui implementasi lesson study. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Secara umum dari penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan implementasi lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi. Sehingga implementasi lesson study dapat dikatakan mampu membuat proses pembelajaran akuntansi di SMK lebih bermakna dan memberikan pengalaman lebih terutama bagi guru dan siswa selama pembelajaran.
References
Maria, Haratua Tiur S. Erwina Octavianty, Hamdani. 2011. Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Inti. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol 2, No 2, 40-49. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/2181/2120
Putri, Idra, Admazaki, Syahrul R. 2013. Pelaksanaan Lesson Study Dalam Pembelajarn Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol.1, No.1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5031/3983
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Rustanto, Yayan. 2019. Indonesia masih menghadapi masalah dalam pendidikan https://siedoo.com/berita-22005-indonesia-masih-menghadapi-masalah-dalam-pendidikan/)
Setyowati, Lestari. 2014. Implementasi Lesson Studi Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Di STKIP PGRI Pasuruan TA 2014-2015. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial. Vol.5, No.1, 55-65. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/21/19
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Wahyono, Poncojari, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Lesson Study pada Mata Kuliah Genetika Lanjut. JINOP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol.2, No.2, 400-206. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/3493/4266
Zubaidah, Siti. 2018. Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.01. https://www.researchgate.net/publication/332469989_MENGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGHADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1