Model Pembelajaran Gal'perin Pada Mata Kuliah Statistika
Abstract
Sebagaimana dipahami bahwa belajar statistika tidak bisa menggunakan ‘Sistem Kebut Semalam” (SKS), melainkan harus melalui proses pembentukan dan pengembangan karakter pola berpikir yang cermat, teliti, logis, kritis, analisis, sistematis, dengan melalui latihan-latihan dan pembiasaan-pembiasaan melalui tugas-tugas. Melalui proses latihan-latihan inilah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang teliti, cermat, logis, kritis, dan analitis. Salah satu pola atau model yang dimungkinkan untuk mewujudkan pembelajaran efektif adalah model pembelajaran Gal’Perin yang merupakan gabungan dari beberapa metode mengajar. Gabungan metode ini dapat meningkatkan minat dan interaksi peserta sisik serta menuntut keterlibatan peserta didik secara aktif. Model ini memiliki langkah antara lain orientasi, latihan, umpan balik dan lanjutan.
References
Muijs, Daniel. Dkk. Diterjemahkan Helly Prayitno Soetjipto, dkk. 2008. Efektive Teaching (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Puistaka Pelajar.
Mundir. 2014. Statistik Pendidikan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Sofyan. 2012. Statistik deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Soejoeti, Zanzawi. 1985. Buku Materi Pokok Metode Statistik I. Modul 1-5. Jakarta: Karunika.
Soenarko, Bambang. 1993. Pengantar Statistika. Kediri: IKIP PGRI Kediri.
Utomo, Tjipto. Dkk. 1991. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.